Home Kebencanaan Panglima TNI dan Kapolri Sidak Mall di Semarang,

Panglima TNI dan Kapolri Sidak Mall di Semarang,

Semarang, Gatra.com - Kapolri Jenderal Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Pasar Karangayu dan Paragon Mall Kota Semarang, Jawa Tengah.

Didampingi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, keduanya berkeliling sembari menyapa beberapa lapak pedagang yang berjualan.

Panglima TNI Marsekal Hadi mengatakan, dalam kunjungannya kali ini, pihaknya ingin memastikan bagaimana protokol kesehatan diterapkan dengan baik terutama di tempat-tempat keramaian.

“Kami juga ingin memastikan bagaimana peran anggota TNI dan Polri dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam era menuju penerapan kehidupan normal baru atau new normal," ujar Panglima TNI di Paragon Mall Semarang, Sabtu (20/6).

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan di kedua tempat yang ia kunjungi di Kota Semarang telah dilakukan dengan baik. Begitu juga peran anggota TNI - Polri dalam mendisplinkan masyarakat.

"Mereka para anggota telah melaksanakan SOP dari mabes polri dan Mabes TNI. Seperti, hanya membolehkan pengunjung dengan suhu tubuh dibawah 37,5 derajat untuk masuk ke tempat - tempat keramain. Serta tetap melakukan pengawasan agar masyarakat tidak bergerombol, selalu pakai masker dan menjaga jaga jarak," jelasnya.

Panglima juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap berdisplin menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

"Kesukseskan dalam pendisiplinan protokol kesehatan adalah kerjasama TNI/ Polri, pemerintah daerah dan Pengelola serta masyarakat dalam menghadapi era new normal," katanya.

Sementara Manager Paragon Mall, Lie Jemmy menambahkan pihaknya telah memperketat protokol kesehatan untuk pengunjung. Bahkan, di Paragon Mall sendiri sudah dilakukan beberapa kali tes masal COVID-19.

"Kami mewajibkan pengunjung memakai masker, tes suhu, cuci tangan hingga jaga jarak. Di seluruh cafe atau restoran yang ada disini juga sudah kita beri tanda silang dibagian tempat duduk. Secara rutin kami juga membersihkan seluruh area mall menggunakan disinfektan," ujarnya.

410