Home Kebencanaan Jelang Kenormalan Baru, Ini Program Pemkab Taput

Jelang Kenormalan Baru, Ini Program Pemkab Taput

Tapanuli Utara, Gatra.com - Menjelang pemberlakuan new normal atau kenormalan baru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara (Taput), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), akan melalukan berbagai program dan aturan. Aturan ini harus dilaksanakan sesuai dengan protokoler kesehatan.

Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengatakan, penetapan beberapa aturan harus dilakukan. Karena itu, pihaknya melakukan rapat kerja bersama dengan berbagai elemen. Aturan dan ketentuan sebagai kesiapan ini menjelang kenormalan baru yang kan segera diterapkan di Taput.

"Nantinya, walaupun kita sudah menuju Tatanan Normal Baru Produktif dan aman Covid-19, bukan berarti protokol kesehatan longgar. Kita harus tetap waspada. Pemerintah tetap mengupayakan bagaimana masyarakat tetap disiplin. Razia tetap dilakukan tiap hari baik itu bagi pendatang baru," jelas Nikson.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menuturkan, penggunaan masker dan kerumunan seperti pasar dan keramaian lainnya tetap melakukan protokol kesehatan. Kata dia, Pemerintah tetap komit dalam penanganan penyebaran covid, peningkatan ketahanan pangan dan recovery ekonomi.

"Kita harus upayakan agar masyarakat tetap disiplin. Masyarakat yang mandiri dan masyarakat harus aman tentram dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. TNI dan Polri bersama Satpol PP tetap melakukan koordinasi dan teyap kompak untuk melakukan razia hingga kecamatan," tukas Nikson.

Sementara itu, Kapolres Taput AKBP Jonner Samosir menyampaikan, bahwa posko posko tidak bisa langsung dibubarkan secara menyeluruh. Tetapi secara perlahan dan posko posko di perbatasan harus tetap menjadi perhatian bersama.

216