Home Ekonomi Ganjar Gandeng Perbankan Bangkitkan Ekonomi UKM

Ganjar Gandeng Perbankan Bangkitkan Ekonomi UKM

Semarang, Gatra.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng perbankan untuk membangkitkan ekonomi yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19.

Ganjar menggandeng Bank Jateng dan PT BPR-BKK Jateng untuk fokus membangkitkan sektor Usaha Kecil, dan Menengah (UKM).

“Bank Jateng dan BPR BKK Jateng telah menyiapkan permodalan, pendampingan, pelatihan hingga disediakan marketplace BiMart khusus bagi pelaku UKM,” katanya saat menghadiri acara launching marketplace BiMart di Kantor Bank Jateng di Jalan Pemuda Kota Semarang, Kamis (2/7).

Menurut Ganjar, selain industri menengah dan besar, sektor UKM menjadi salah satu andalan Jateng untuk bangkit di sektor ekonomi karena memiliki potensi pangsa pasar yang.

Pelaku UKM sudah terbukti tetap bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19, dengan membuat masker, baju hazmat, dan aneka makanan.

Supaya UKM tetap bisa terus bertahan dan berkembang, lanjut Ganjar, perlu mendapatkan bantuan permodalan, pendampingi, dan pelatihan.

“Saya sedang mendorong, mulai dari pemerintah, instansi, dan lembaga untuk membeli produk UKM. Mari kita tunjukkan keberpihakan kepada UMK,” ujarnya.

Lebih lanjut Ganjar menyatakan, produk UKM tidak boleh kualitasnya biasa saja, tapi harus bisa masuk pada market menengah ke atas.

Oleh karenanya, Bank Jateng dan BPR-BKK Jateng menyiapkan pelatihan mulai produksi, manajemen keuangan, packaging, marketing, dan lainnya termasuk permodalan.

Semuanya dilakukan lakukan dengan satu harapan supaya UKM ini dapat menjadi kekuatan yang bisa membangkitkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Ini sejelan dengan perintah Presiden Joko Widodo untuk mengembalikan kejayaan sektor ekonomi. Kami melaksanakan perintah itu,” ujar Ganjar.

Sementara itu, Direktur Bank Jateng Supriyatno menyatakan, dalam pengembangan UKM fokus pada sektor finansial, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan inovasi model pemasaran terkini.

Sektor finansial telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada 23.924 kepada debitur dengan total outstanding senilai Rp2,27 triliun.

Bank Jateng lanjutnya juga telah menyalurkan Kredit Mitra Jateng 25 kepada 25.539 debitur dengan total outstanding Rp62,2 miliar.

“Sektor peningkatan SDM, telah menggelar pelatihan sebanyak 736 kali yang diikuti 9.453 pelaku UKM. Sektor inovasi pemasaran membuat marketplace BiMart sebagai media pemasaran bagi pelaku UKM di Jateng,” jelas Supriyatno.

91