Home Milenial Menuju New Normal Pendakian Sumbing Mulai Dibuka

Menuju New Normal Pendakian Sumbing Mulai Dibuka

Magelang, Gatra.com - Menuju new normal aktivitas masyarakat di berbagai sektor kini mulai dibuka, termasuk pendakian Gunung Sumbing khususnya melalui jalur Butuh, Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Jalur ini rencananya akan dibuka dengan masa percobaan mulai tanggal 15 Juli hingga akhir Juli 2020 kemudian akan dievaluasi.

Pengelola Basecamp Butuh, Lilik Setyawan mengatakan, pembukaan kembali jalur pendakian setelah pengelola basecamp mendapatkan surat keterangan izin penyelenggaraan/usaha dari Bupati Magelang No: 100/227/01.01/2020. Sebelumnya pendakian ditutup semenjak muncul wabah Covid-19.

"Jalur pendakian via Butuh, Kaliangkrik mulai dibuka lagi Rabu 15 Juli 2020. Tapi di era new normal ini pendakian menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di mana ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pendaki," katanya Kamis (9/7).

Dikatakan, persayaratan tersebut antara lain para pendaki wajib membawa surat keterangan sehat dari puskesmas, memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, hingga penyemprotan disinfektan. Bahkan pengaturan juga diterapkan saat istirahat di basecamp untuk menghindari penularan covid-19.

"Kalau kondisi normal basecamp bisa menampung 50 sampai 70 orang, tapi di era new normal dibatasi 25 orang saja. Sedangkan pelayanan mulai pukul 08.00-17.00 WIB, tapi sementara ini hanya untuk mereka yang berdomisili di wilayah Jateng-DIY, itu saja khusus yang non zona merah. Harus registrasi dulu ke @reg.symphonysumbing.id,"katanya.

411