Home Ekonomi NTT Pertahankan Prestasi Masuk Top 10 Destinasi Wisata

NTT Pertahankan Prestasi Masuk Top 10 Destinasi Wisata

Manggarai Barat, Gatra.com - Provinsi NTT diminta pertahankan prestasi masuk Top 10 Destinasi Wisata Dunia 2021.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengaku, telah dihubungi penerbit buku travelling terkemuka di dunia dan memintanya untuk menjaga wisata yang masuk destinasi unggulan. “Mereka minta untuk tetap mengharapkan NTT tetap jadi salah satu dari 10 daerah tujuan destinasi pariwisata dunia atau top 10 tahun 2021," katanya, Jumat ( 17/7).

Ia berharap, publikasi wisata dapat menjadi referensi sejumlah destinasi wisata di NTT. "Ini tentu saja merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat NTT. Karena destinasi-destinasi wisata di NTT antaranya taman nasional Komodo, Danau tiga warna Kelimutu menjadi sorotan dunia internasional," ujarnya.

Baca juga: Labuan Bajo Didesain Jadi Kawasan Wisata Super Premium

Rekomendasi dari lembaga ini jadi panduan bagi sebagaian besar traveller dan wisatawan internasional dalam memilih tempat tujuan wisata.

“Tahun 2019 lalu, Buku Lonely Planet merekomendasikan NTT pada posisi pertama dari 10 Destinasi wisata dunia yang wajib dikunjungi para wisatawan dunia dan para traveller Tahun 2020,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan saat ini ada delapan destinasi unggulan baru NTT yang masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API). Yakni Makanan Tradisional Daging Se'i, Sentra Tenun Ikat Ina Ndao (keduanya berada di Kota Kupang), Island Hopping Pulau Meko di Flores Timur, Dataran Tinggi Fulan Fehan di Belu, Kampung Adat Namata di Sabu Raijua, Destinasi Baru Pulau Semau di Kabupaten Kupang, Destinasi Mulut Seribu di Rote Ndao dan Situs Liang Bua di Kabupaten Manggarai.

"Kami tentunya bangga karena makin banyak destinasi pariwisata di NTT baik alam, budaya, kuliner, situs sejarah dan tenun ikat yang diminati oleh dunia internasional maupun nasional," jelasnya.

836