Home Nasional Paus Fransiskus Tunjuk Uskup Baru Labuan Bajo

Paus Fransiskus Tunjuk Uskup Baru Labuan Bajo

Labuan Bajo, Gatra.com -  Pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus secara resmi mengangkat Romo Dr Max Regus, Pr sebagai Uskup Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Pengangkatan Romo Dr Max Regus, Pr diumumkan secara resmi oleh Uskup Ruteng Mgr Sipri Hormat dalam perayaan Ekaristi, misa kudus yang digelar di Gereja Paroki Roh Kudus Labuan Bajo Jumad (21/6/24) pukul 19.00 WITA, meneruskan pengumuman dari Tahta Suci pada pukul 12.00 waktu Vatikan.

"Bapa Suci kita telah mendirikan Keuskupan baru Labuan Bajo dan secara bersamaan telah mengangkat Romo Mak Regus yang saat ini menjabat sebagai rektor Unika Santo Paulus Ruteng sebagai Uskup pertama Labuan Bajo," kata Uskup Mgr Sipri Hormat saat membaca pengumuman Takhta Suci. Tak pelak, pengumuman ini disambut pekik dan tepuk tangan 200 umat Katolik yang mengikuti missa di gereja tersebut.

Mgr. Sipri Hormat, dalam pengumuman tersebut, menyampaikan keyakinannya bahwa Romo Max Regus, Pr, akan membawa kebijaksanaan dan kasih pastoral yang mendalam kepada seluruh umat.

Pengalaman Romo Max Regus, Pr, tidak hanya terbatas pada bidang akademis, namun juga meliputi pengajaran dan pelayanan masyarakat yang memperkaya pengalaman spiritualnya.

“Langkah ini tidak hanya merupakan suatu peristiwa bersejarah, tetapi juga sebuah momentum untuk mempererat persatuan dan kebersamaan umat Katolik di wilayah Nusa Tenggara Timur. Harapan besar mengiringi langkah-langkah baru Romo Max Regus, Pr, sebagai Uskup, untuk membawa berkah dan kemajuan yang berkelanjutan bagi Gereja Katolik di Labuan Bajo ,” kata Mgr Sipri Hormat.

“Keputusan menunjuk Romo Max Regus, Pr, sebagai Uskup baru Labuan Bajo merupakan pilihan yang sangat tepat dan diharapkan akan membawa semangat baru bagi umat Katolik di Keuskupan Labuan Bajo. Mari kita dukung dengan doa ,” tambah Mgr Sipri Hormat.

Keuskupan Ruteng saat ini merupakan Keuskupan dengan jumlah umat terbanyak di Indonesia, dentan total umat mencapai 966.385 jiwa, 296 imam dan 85 paroki.

Untuk diketahui Keuskupan Labuan Bajo merupakan pemekaran dari Keuskupan Ruteng yang selama ini membawahi umat Katolik tiga kabupaten, yakni Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur.

Pembentukan Keuskupan Labuan Bajo sudah diwacanakan sejak tiga tahun belakangan menyusul rekomendasi hasil Sinode III Keuskupan Ruteng tahun 2021.

Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat lantas menyerahkan proposal pembentukan Keuskupan Labuan Bajo pada tahun 2021 kepada Paus Fransiskus di Vatikan dan mendapat respon positif.

45