Home Politik Dua Bapaslon Tetapkan Jadwal Pendaftaran ke KPU Labuhanbatu

Dua Bapaslon Tetapkan Jadwal Pendaftaran ke KPU Labuhanbatu

Labuhanbatu, Gatra.com - Dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu telah menetapkan jadwal pendaftaran ke KPU setempat jalan WR Supratman no 52 Rantauprapat, Kamis (27/8).

Informasi diterima, Bapaslon H Abd Roni Harahap Ahmad Jais Rambe dan Bapaslon Suhari Pane Irwan Indra bahkan telah mengambil berbagai jenis formulir sekaitan yang menjadi syarat pencalonan dan syarat calon Pilkada Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Labuhanbatu, Wahyudi didamping Kordiv Tekhnis Penyelenggaraan, Ahmad Rifai Harahap ditemui mengatakan, berdasarkan PKPU no 6 tahun 2020, pasal 49 ayat 2 disebutkan partai politik atau gabungan partai politik dan Bapaslon perseorangan yang akan mendaftarkan bapaslonnya harus koordinasi terlebih dahulu dengan KPU untuk menyampaikan rencana waktu mendaftarkan diri.

Dikatakannya, berdasarkan PKPU no 5 tahun 2020, pihaknya melakukan pengumuman pendaftaran sejak tanggal 28 Agustus hingga 3 September, untuk waktu pendaftaran sejak tanggal 4 - 6 September. Saat mendaftar, maka Bapaslon, harus telah membawa syarat pencalonan dan syarat calon sesuai dengan ketentuan.

Ditambahkan Rifai, dua Bapaslon baik yang diwakili partai politik atau gabungan partai politik maupun tim penghubung sudah koordinasi terkait kelengkapan persyaratan pencalonan dan persyaratan calon hingga berbagai jenis formulir yang dibutuhkan sudah mereka berikan dengan rencana jadwal mendaftarkan diri keduanya pada tanggal 4 September pukul 08.00 WIB dan pukul 14.00 WIB.

"Iya, keduanya sudah datang. Pertama Bapaslon jalur parpol atau gabungan parpol, selanjutnya Bapaslon jalur perseorangan. Direncanakan mereka tanggal 4 September mendatang mendaftarnya," ujar Ahmad Rifai Harahap.

Tim penghubung Bapaslon Suhari Pane Irwan Indra, E Ritonga, Rhas Galang Goldie Sinaga daan Abdul Syarif Harahap ditemui di kantor KPU Labuhanbatu usai berkoordinasi mengakui sudah menetapkan jadwal mendaftarkan diri yakni pada tanggal 4 September dengan waktu sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tadi sudah koordinasi tentang jadwal, rencana kita tanggal 4 September 2020 mendaftarnya. Bapaslon kita jakur perseorangan yang telah lolos verifikasi administrasi dan vaktualnya," ujar E Ritonga.

Sementara, Budiono dan Feri Badriansyah selaku perwakilan Bapaslon H Abd Roni Harahap Ahmad Jais Rambe, menegaskan bahwa pasangan tersebut akan maju ikut Pilkada Labuhanbatu melalui jalur parpol atau gabungan parpol. Hingga kini, usungan jumlah kursi minimal 9 seperti ketentuan, disebutkannya telah mereka peroleh dan mencukupi.

"Iya, jalur partai. Kalau jumlah kursi sebagai syarat minimal, sudah kita dapatkan. Namun partai apa saja itu, nantilah kita sebutkan saat mendaftar, sabar ya. Kita rencanakan pagi pendaftarannya," ujarnya.

1155