Home Info Satgas Covid-19 Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Purbalingga Meningkat

Angka Kesembuhan Pasien COVID-19 di Purbalingga Meningkat

Purbalingga, Gatra.com - Angka kesembuhan pasien terkonfirmasi Covid-19 meningkat pada bulan November 2020. Dari data yang tercatat hingga 9 November 2020, jumlah yang sembuh sebanyak 340 pasien dari angka sebelumnya 287 atau sebesar 75 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono mengatakan, selain peningkatan jumlah pasien sembuh, kasus positif juga mulai melambat, yakni sebanyak 414 dari angka sebelumnya 381. Meski demikian masyarakat harus tetap waspada, karena angka kematian naik dari 8 menjadi 10 kasus.

"Sampai hari ini data terkonfirmasi COVID-19 pasien yang dirawat sebanyak 64 orang, sedangkan yang sembuh 340 orang dan meninggal dunia 10 orang. Jumlah terkonfimasi positif covid-19 sampai hari ini di Purbalingga tercatat 414 orang," katanya, Rabu (11/11).

Diungkapkan, kasus konfirmasi positif covid-19 didominasi penularan dari dalam daerah atau lokal sebanyak 60 persen. Sementara sisanya merupakan penularan impor sebanyak.

Berdasarkan jenis kelamin, kasus terkonfirmasi COVID-19 didominasi kaum laki-laki (55%) sedangkan kaum perempuan lebih sedikit (45%).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga, Bambang Wijonarko mengatakan, dari hasil pantauan pada sejumlah objek wisata di Purbalingga selama libur panjang pekan lalu, tidak ditemukan kasus pengunjung yang reaktif COVID-19. 

Pihaknya telah melakukan monitoring kunjungan wisatawan di 16 destinasi wisata dan 25 desa wisata dalam libur panjang 28 Oktober hingga 1 November.

"Jumlah pengunjung selama libur panjang ke Purbalingga mencapai 39 ribu orang. Secara berurutan, terbanyak ke Owabong, D’Las Serang dan Golaga. Semua pengunjung dari sampel yang ditest rapid tidak menunjukkan gejala reaktif. Selama lima hari para pengunjung Owabong diambil secara acak, dari 143 sampel semuanya non reaktif," ungkapnya.

Pjs Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana meminta semua OPD untuk bergerak lebih aktif lagi bersama-sama memerangi penyebaran Covid-19. Purbalingga sempat merah, namun saat ini sudah mulai bergerak oranye.

"Saya harap kasus corona di Purbalingga ini terus turun, sehingga pada saatnya pilkada, kasus corona sudah landai dan aman bagi semua pihak," katanya.

Sarwa memerintahkan semua OPD untuk mengetatkan protokol kesehatan penanganan pencegahan penyebaran virus Corona. Termasuk penerapan protokol di perusahaan-perusahaan dengan memasang spanduk himbauan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak atau 3M.

155