Home Kesehatan Tekan Penularan Covid, Semua ASN Temanggung akan Diswab

Tekan Penularan Covid, Semua ASN Temanggung akan Diswab

Temanggung, Gatra.com - Menyusul adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sejumlah guru di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah yang terpapar Covid-19, pemerintah daerah setempat akan melakukan swab massal. Tanpa terkecuali semua ASN di wilayah ini akan menjalani tes usap tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Hary Agung Prabowo mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir ini ada sejumlah ASN dan guru yang terkonfirmasi positif corona. Maka berdasarkan rapat diputuskan akan dilakukan swab di lingkungan ASN dan tenaga pendidik.

"Terkait dengan beberapa PNS termasuk guru yang memang terkonfirmasi positif selama ini dilakukan WFH sampai dinyatakan negatif. Langkah ke depan kami dari unsur ASN birokrasi ini akan dilakukan swab semuanya," katanya ditemui di Kompleks Kantor Setda Pendapa Jenar Temanggung, Kamis (10/12).

Menurut Agung, untuk sesi pertama tes usap rencananya akan dilakukan minggu depan. Hal itu termasuk akan diupayakan pula bagi seluruh guru SD dan SMP. Setelah itu akan berlanjut pada SKPD/OPD di Kabupaten Temanggung.

"Nanti kita awali dari lingkup Sekretariat Daerah kita swab semuanya, baru ke dinas-dinas. Insya Allah minggu depan. Jumlah ASN itu sekitar 9.000 orang," katanya.

Selain swab juga akan terus dilakukan tracing guna mengetahui kontak erat, sebagai penentu langkah selanjutnya. Untuk sekolah-sekolah yang ada gurunya terkonformasi positif corona maka akan dilakukan pemetaan. 

Ia juga sudah memerintahkan semua sekolah untuk tidak melakukan pembelajaran tatap muka karena Temanggung masuk zona merah.

"Sedang kita lakukan pemetaan untuk sekolah-sekolah, terutama yang gurunya terkonfirmasi positif. Kita lakukan swab biar ketahuan pemetaannya di mana, termasuk seluruh ASN, baru kita lakukan langkah ke depan," katanya.

219

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR