Home Hukum Malam Tahun Baru, Dua Jalan Protokol di Sukoharjo Ditutup

Malam Tahun Baru, Dua Jalan Protokol di Sukoharjo Ditutup

Sukoharjo, Gatra.com - Malam tahun baru 2021, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukoharjo bakal menutup dua jalan protokol. Dua jalan ini yakni Jalan Ir Soekarno Solo Baru Kecamatan Grogol dan Jalan Veteran Alun-alun Satya Negara, Kabupaten Sukoharjo.
 
Menurut Kapolres Sukoharjo AKBP Bambang Yugo Pamungkas, penutupan ini dilakukan untuk menghindari kerumunan saat malam pergantian tahun. Sebab, jalan Ir Soekarno dan Jalan Veteran menjadi salah satu titik keramaian saat malam tahun baru. 
 
"Nanti Jalan Ir Soekarno juga Jalan Veteran akan ditutup. Jalan Veteran karena disana ada alun-alun. Penutupan hanya saat malam tahun baru saja," katanya Jum'at (25/12).
 
Rencananya, kedua jalan tersebut akan ditutup mulai pukul 22.00 WIB. Di Jalan Ir Soekarno sendiri penutupan akan dilakukan dari simpang empat Patung Pandawa hingga simpang tiga Tanjunganom. 
 
Pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah jalan alternatif untuk kendaraan yang hendak melintas di Jalan Ir Soekarno. Dimana kendaraan dari selatan akan diarahkan ke Jalan Dlopo, yang dilanjutkan ke Jalan Solo-Baki, hingga kembali ke Jalan Nasional Surakarta. Begitu juga dari kendaraan dari Utara.
 
Sedangkan Jalan Veteran akan ditutup mulai dari Simpang Lima Sukoharjo hingga Simpang Empat Carikan. Pihak kepolisian menyiapkan sejumlah jalan alternatif, imbas dari penutupan jalan Veteran. Pengguna jalan bisa melalui Jalan Pemuda yang terletak di sebelah utara jalan Veteran. 
 
Alternatif lainnya adalah jalan dua jalan bus, yakni jalan KH Agus Salim, dan jalan Rajawali. Ketiga jalan alternatif tersebut sama-sama menghubungkan Jalan Solo - Wonogiri ke Jalan KH Samanhudi.
 
"Kami tidak ingin ada titik keramaian yang bisa memicu pelanggaran protokol kesehatan saat malam pergantian tahun," jelasnya. 
 
Saat penutupan, kedua jalan ini akan dijaga ketat oleh petugas. Hal ini untuk mengantisipasi adanya masyarakat yang nekat berkerumun saat malam tahun baru. 
 
"Nanti kita juga akan melakukan patroli wilayah," tandasnya. 
428