Home Internasional Cegah Provokasi Tak Terkendali, Twitter Cabut Akun Trump

Cegah Provokasi Tak Terkendali, Twitter Cabut Akun Trump

Washington DC, Gatra.com- Twitter secara permanen mencabut akun Presiden Donald Trump pada Jumat, dengan alasan "risiko memicu kekerasan lebih lanjut. "Akun presiden, dengan 88 juta pengikut, awalnya diblokir selama 12 jam pada 6 Januari karena "pelanggaran berat terhadap kebijakan Integritas Sipil kami," setelah dia menggunakan platform tersebut untuk men-tweet kecaman terhadap Wakil Presiden Mike Pence saat pendukungnya menyerbu Capitol. NBCNews, 09/01.

 

"Setelah meninjau secara cermat Tweet baru-baru ini dari akun @realDonaldTrump dan konteks di sekitarnya, kami telah secara permanen mencabut akun tersebut karena risiko hasutan lebih lanjut untuk melakukan kekerasan," kata perusahaan itu dalam tweet.

 

Perusahaan melarang akun presiden setelah bertahun-tahun mendapat tekanan publik dan beberapa upaya untuk membatasi jangkauan akunnya dalam beberapa hari terakhir. Ratusan karyawan Twitter menandatangani surat yang mendesak CEO Twitter Jack Dorsey untuk melarang presiden karena menggunakan platform tersebut untuk menghasut kekerasan setelah pengepungan Capitol.

"Dalam konteks peristiwa mengerikan minggu ini, kami menjelaskan pada Rabu bahwa pelanggaran tambahan terhadap Peraturan Twitter berpotensi mengakibatkan tindakan yang sama," kata Twitter dalam sebuah posting blog.

“Kerangka kepentingan publik kami ada untuk memungkinkan publik mendengar dari pejabat terpilih dan pemimpin dunia secara langsung. Itu dibangun di atas prinsip bahwa rakyat memiliki hak untuk meminta pertanggungjawaban di tempat terbuka."

“Namun, kami telah menjelaskan selama bertahun-tahun bahwa akun-akun ini tidak berada di atas aturan kami dan tidak dapat menggunakan Twitter untuk menghasut kekerasan,” lanjut postingan tersebut. "Kami akan terus bersikap transparan seputar kebijakan kami dan penegakannya."

Ini adalah kedua kalinya dalam seminggu Twitter mengambil tindakan terhadap akun presiden. Twitter menghapus tiga tweet yang mempromosikan teori konspirasi tentang pemilu dan mengunci akun Trump pada Rabu, dengan alasan "risiko kekerasan," setelah kerusuhan hebat di Capitol. Akun resmi @POTUS Trump masih aktif.

Dalam postingan tersebut, perusahaan mengutip dua tweet terbaru Trump sebagai penjelasan untuk penghapusan tersebut.

Di salah satunya, Trump menulis: “75.000.000 Patriot Amerika yang hebat yang memilih saya, AMERIKA PERTAMA, dan MEMBUAT AMERIKA HEBAT LAGI, akan memiliki SUARA YANG RAKSASA di masa depan. Mereka tidak akan dihormati atau diperlakukan tidak adil dengan cara, bentuk, atau bentuk apa pun !!! ”

Selanjutnya, dia tweeted, "Untuk semua yang bertanya, saya tidak akan pergi ke Inaugurasi pada 20 Januari."

Secara keseluruhan, perusahaan memutuskan, mereka “cenderung menginspirasi orang lain untuk meniru tindakan kekerasan yang terjadi pada 6 Januari 2021, dan bahwa ada beberapa indikator bahwa mereka diterima dan dipahami sebagai dorongan untuk melakukannya.”

Pencabutan itu langsung mendapat pujian dari politisi Demokrat. "Terima kasih @twitter untuk mengambil tindakan ini," tulis Senator Joe Manchin, D-W.V di Twitter. "Kita harus bersatu sebagai negara untuk menyembuhkan dan menemukan jalan bersama ke depan."

Senator Mark Warner, mencuit: "Sebuah langkah yang terlambat. Tapi penting untuk diingat, ini jauh lebih besar dari satu orang. Ini tentang seluruh ekosistem yang memungkinkan informasi yang salah dan kebencian menyebar dan membusuk tak terkendali."

Politisi Republik dan loyalis Trump menolak keputusan tersebut. "Menjijikkan. Big Tech ingin membatalkan semua 75 juta pendukung @realDonaldTrump," cuit Jason Miller, penasihat senior kampanye Trump tahun 2020.

Trump adalah pengguna awal Twitter, bergabung dengan platform tersebut pada tahun 2009. Dia telah lama menyukai Twitter sebagai alat untuk mengkomunikasikan kebijakan, opini, dan keluhannya secara langsung kepada para pendukungnya sambil menghindari media tradisional.

Tetapi setelah pemilihannya pada tahun 2016, Trump mengatakan kepada koresponden 60 Minutes Lesley Stahl, bahwa sebagai presiden dia akan menggunakan platform tersebut secara berbeda.

"Saya akan melakukannya dengan sangat terkendali," kata Trump. "Saya merasa luar biasa. Ini adalah bentuk komunikasi modern." Ironis, kini Trump tak bisa lagi menggunakan komunikasi yang dia puji sangat modern.

220

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR