Home Kesehatan 5.360 Vial Vaksin Tiba di OKU, 2680 Nakes Target Pertama

5.360 Vial Vaksin Tiba di OKU, 2680 Nakes Target Pertama

Baturaja, Gatra.com - Sebanyak 5.360 vial vaksin Covid-19 Sinovac, jatah tahap awal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel, telah sampai di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan setempat, Rabu (27/1).

Pantauan di lapangan, vaksin yang dikemas dalam kardus putih milik Bio Farma, itu mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dari Satuan Brimob Polda Sumsel, dan anggota Polres OKU.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, H Husni Thamrin menjelaskan, vaksin yang datang tersebut merupakan vaksin tahap pertama dan akan didistribusikan ketiga rumah sakit (RS) dan 18 Puskesmas di Kabupaten OKU.

"Tahap awal ini, vaksin Covid-19 akan diberikan kepada 2.680 tenaga kesehatan di OKU," jelas Husni Thamrin didampingi Sekretaris Dinkes OKU, Rozali dan Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Andi Prapto.

Menurut Husni, masing-masing tenaga kesehatan nantinya akan mendapat suntikan vaksin sebanyak 2 kali.

"Vaksinasi pertama akan dilaksanakan serentak tanggal 2 Februari 2020 dan yang kedua 14 hari kemudian," sambungnya.

Lanjutnya, selain Nakes yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19, suntikan vaksin juga akan diberikan kepada Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di OKU, termasuk di dalamnya Ketua DPRD OKU, Marjito Bachri.

Sementara itu, Kapolres OKU, AKBP Arif Hidayat Ritonga melalui Kabag Ops Kompol Bagus Adi Suranto menyampaikan bahwa pengamanan pendistribusian hingga ke rumah sakit dan Puskesmas, pihaknya menyiapkan 5 personil pengamanan untuk masing-masing rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melaksanakn vaksin Covid-19.

"Jadi total, kami (Polres OKU) mengerahkan 114 personil. Sembilan di gudang farmasi dan 105 untuk pengamanan pendistribusian hingga hari H pelaksanaan vaksin di rumah sakit dan Puskesmas," katanya.

 

Reporter: Bowo Sunarso

184