Home Info Satgas Covid-19 Palembang Distribusikan Vaksin ke Daerah, Ini Rinciannya

Palembang Distribusikan Vaksin ke Daerah, Ini Rinciannya

Palembang, Gatra.com - Pemprov Sumatera Selatan (Sumsel) segera mendistribusikan vaksin virus corona atau Covid-19, Sinovac buatan Cina ke 10 daerah yang ada di wilayahnya. Ini menyusul ada 40.360 dosis yang sudah tiba di Bumi Sriwijaya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel, Lesty Nuraini, mengatakan sejauh ini vaksin yang sudah datang belum lama ini masih berada di gudang penyimpanan vaksin milik Dinkes provinsi setempat yang ada di Kota Palembang.

“Ya, dalam waktu sepekan ini akan didistribusikan ke 10 kabupaten dan kota yang belum menerima vaksin tersebut. Kita target selesai dalam sepekan ini,” ujarnya di Palembang, Kamis (28/1).

Dirincikannya, sepuluh daerah yang akan menerima vaksin itu adalah Kabupaten Empat Lawang sebanyak 2.000 dosis, Kota Lubuklinggau sebanyak 3.960 dosis, Kota Pagaralam sebanyak 2.160 dosis, Kabupaten Lahat sebanyak 3.800 dosis, dan Kabupaten Muara Enim sebanyak 5.960 dosis.

Kemudian, sambungnya, Kabupaten Musi Rawas (Mura) sebanyak 3.960 dosis, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) sebanyak 2.360 dosis, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sebanyak 5.360 dosis, Kabupaten OKU Selatan sebanyak 2.800 dosis, serta Kabupaten OKU Timur sebanyak 8.680 dosis.

“Jadi, secara keseluruhan semua kabupaten dan kota di Sumsel sudah mendapat vaksin Covid-19,” katanya.

Menurutnya, untuk vaksinasi dosis pertama cakupannya sudah 13 persen atau 6.193 orang. Hal tersebut lantaran vaksinasi baru dilakukan di dua wilayah yakni Kota Palembang dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Dinkes provinsi setempat pun memprioritaskan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang ada di wilayahnya. Dimana berdasarkan catatan pihaknya terdapat 54.877 orang sudah terdaftar sebagai SDMK.

“Adanya vaksinasi cepat dan serentak tersebut diharap makin cepat juga memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumsel,” ujarnya.

Dijelaskannya, di Sumsel ada 428 fasilitas kesehatan (faskes) yang dapat dipilih masyarakat untuk tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Mulai dari rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga Poltekes.

“Kita menargetkan pada akhir Februari mendatang vaksinasi bagi SDMK di Provinsi Sumsel dapat selesai. Nah, kalau itu sudah baru nantinya akan dilanjutkan kepada masyarakat umum di Sumsel,” katanya.

Diketahui, sebelumnya ada tujuh daerah di Sumsel yang terlebih dulu menerima vaksin corona tersebut. Ke-tujuh wilayah itu adalah Kota Palembang sebanyak 29.360 dosis, Kabupaten OKI sebanyak 6.400 dosis, Kabupaten Banyuasin sebanyak 5.400 dosis, Kabupaten Ogan Ilir (OI) sebanyak 4.000 dosis, Kabupaten PALI sebanyak 2.520 dosis, Kabupaten Muba sebanyak 6.360 dosis, dan Kota Prabumulih sebanyak 4.920 dosis.

389