Home Teknologi Kematian Jenghis Khan, Sejarah Berbelok dan COVID-19

Kematian Jenghis Khan, Sejarah Berbelok dan COVID-19

Adelaide, Gatra.com- Studi baru menemukan Jenghis Khan mungkin tewas karena wabah pes, dan bukan karena kehilangan darah setelah dikebiri atau penyebab lain yang dibicarakan selama berabad-abad. Live Science, 03/02.

Jenghis Khan, lahir Temüjin dari klan Borjigin pada 1162, adalah salah satu penakluk paling terkenal dalam sejarah. Pada 1206, ia mendirikan dan menjabat sebagai penguasa pertama Kekaisaran Mongol. Pada saat kematiannya pada 1227, wilayah kekuasaannya 2,5 kali lebih besar daripada Kekaisaran Romawi.

Warisannya telah mencapai dimensi global: Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di The American Journal of Human Genetics menunjukkan bahwa sekitar 1 dari 200 pria di seluruh dunia mungkin adalah keturunan langsung Genghis Khan.

Sementara pengaruh sang penakluk terkenal, kematiannya diselimuti misteri. Keluarga dan pengikut Genghis Khan diperintahkan untuk menjaga kematiannya sebagai rahasia mereka yang paling tersembunyi, karena saat itu terjadi selama tahap penting perang mereka melawan Xia Barat.

Untuk menghormati atau menodai ingatan Genghis Khan, baik teman maupun musuh bangsa Mongol menceritakan sejumlah legenda tentang kematiannya. Satu cerita mengklaim dia meninggal karena kehilangan darah setelah ditikam atau dikebiri oleh seorang putri dari orang Tangut, suku Tibeto-Burman di barat laut China.

Yang lain menyarankan dia meninggal karena luka-luka yang dideritanya setelah jatuh dari kuda. Jatuh dalam pertempuran melawan Tiongkok atau meninggal karena luka panah yang terinfeksi selama perang terakhirnya melawan Xia Barat.

Dalam studi baru, para peneliti menyarankan bahwa semua legenda ini kemungkinan besar ditemukan setelah kematian Jenghis Khan. "Kematian raja dan kaisar Cina yang lebih besar sering bercampur dengan mitos," kata rekan penulis studi Francesco Galassi, seorang dokter dan ahli paleopatologi di Flinders University di Adelaide, Australia, kepada Live Science melalui email.

"Penyebab kematian yang luar biasa dan menggairahkan dikaitkan dengan tokoh-tokoh luar biasa, ketika lebih masuk akal untuk mencari kondisi yang lebih umum, seperti penyakit menular. Secara umum, tidak ada cukup bukti untuk mendukung legenda-legenda itu," katanya.

Misalnya, ketika Jenghis Khan meninggal, "dia masih berada di puncak kekuasaannya, dihormati oleh bawahannya dan dirawat dengan baik oleh para pelayannya," rekan penulis studi Wenpeng You, seorang peneliti biologi manusia di The University of Adelaide, memberi tahu Live Science melalui email. "Ini membuat kematiannya karena pembunuhan politik atau keracunan sangat tidak mungkin."

Saat melakukan penelitian medis tentang dampak penyakit di seluruh dunia, para ilmuwan memutuskan untuk fokus pada kematian Jenghis Khan. "Pandemi COVID-19 saat ini mendorong pemikiran kami untuk mempertimbangkan pandemi kuno," kata Galassi.

Para peneliti memusatkan perhatian pada "The History of Yuan", sebuah teks sejarah yang dibuat selama Dinasti Ming di Cina. Karya tersebut menyatakan bahwa, dari 18 Agustus hingga 25 Agustus 1227, selama perang terakhir Jenghis Khan melawan Xia Barat, dia merasa tidak enak badan dengan demam yang akhirnya membunuhnya dalam waktu delapan hari setelah serangan penyakit itu.

Penelitian sebelumnya menunjukkan dia menderita demam tifoid, tetapi Galassi dan rekan-rekannya mencatat bahwa tidak disebutkan gejala khas lain dari penyakit itu, seperti sakit perut dan muntah.

Para ilmuwan mendiagnosis Jenghis Khan tidak hanya dengan melihat tanda-tanda klinisnya, tetapi juga dengan menggunakan informasi tentang penyakit yang diderita pasukan Mongol dan musuh mereka pada saat itu, serta pengetahuan modern tentang awal mula penyakit menular.

Mereka menemukan bahwa gejalanya cocok dengan wabah pes yang lazim di era itu, rekan penulis studi Maciej Henneberg, seorang arkeolog dan paleopatologi di The University of Adelaide, mengatakan kepada Live Science melalui email.

Para ilmuwan mengakui bahwa penelitian diagnostik retrospektif seperti itu pasti dibatasi oleh kurangnya akses ke tubuh Jenghis Khan; situs pemakamannya masih belum diketahui. Namun, "sementara kami tidak dapat 100% yakin tentang penyebab pasti kematian karena keterbatasan ini, kami dapat mengatakan bahwa skenario klinis ini jauh lebih realistis dan layak untuk pertimbangan historis daripada hipotesis lain yang lebih dibuat-buat," kata Galassi.

Secara keseluruhan, para peneliti menyarankan bahwa nasib Jenghis Khan dapat menjadi pelajaran untuk saat ini. "Pandemi baru-baru ini sekali lagi menunjukkan bahwa para pemimpin negara dapat tertular penyakit menular, dan terlepas dari kekuatan mereka, mereka tidak dapat dilindungi dari fenomena yang terjadi secara alami seperti penyakit menular," rekan penulis studi Elena Varotto, seorang antropolog dan bioarkeolog di Universitas Catania di Italia, kepada Live Science melalui email.

Dengan demikian, kematian Jenghis Khan mungkin berfungsi sebagai "contoh umum pengaruh penyakit terhadap kepemimpinan, yang berpotensi mampu mengubah jalannya sejarah," katanya. Para ilmuwan merinci temuan mereka secara online 11 Januari di International Journal of Infectious Diseases .

8049