Home Gaya Hidup Tatkala Kampung Ramadan Keren Banyumas Diserbu Pengunjung

Tatkala Kampung Ramadan Keren Banyumas Diserbu Pengunjung

Banyumas, Gatra.com– Ratusan pengunjung menyebur ‘Kampoeng Ramadhan Keren’ di Rawalo, Banyumas. Tak hanya warga lokal, masyarakat dari luar daerah, seperti Sampang, Cilacap, hingga Wangon pun antusias berburu ragam produk UMKM dan kuliner di bazar Ramadan yang sudah memasuki hari ke-5 itu.

Selain pameran berbagai produk UMKM dan kuliner, Kampoeng Ramadhan Keren ini juga diisi dengan berbagai pertunjukan seni. Salah satu yang khas adalah kenthongan. Selain itu, usai ibadah tarawih, sejumlah band ternama juga ‘manggung’ di bazar ini.

Seorang pengunjung asal Wangon, Supriyadi sengaja datang dengan keluarganya. bersama keluarganya. Kades Wangon ini mengetahui ada kegiatan Kampoeng Ramadan Keren dari media sosial dan toko online. “Saya berharap agar kegiatan serupa bisa dilakukan di Taman Kota, seperti di Wangon yang baru baru ini juga sedang diselenggarakan kegiatan serupa,” ujarnya.

Pengunjung lainnya, Kamal Fontana, tokoh masyarakat asal Maos, Cilacap sangat mengapresiasi ragam kegiatan Kampoeng Ramadhan Keren Seduluran UMKM Rawalo (SURO) tersebut. Bahkan, ia juga berencana untuk melakukan kegiatan serupa di desanya.

Sementara, Punggawa Seduluran UMKM Rawalo, Setiya Tri Gunawati menyampaikan manfaat yang dirasakan dalam kegiatan ini adalah rasa gotong royong sesama anggota sangat tinggi.

Begitu juga dengan kemajuan di bidang produksi dan penjualan pun semakin dirasa meningkat. Hal ini kata Tri Gumawati tidak terlepas dari peran pembinaan dinas terkait. "Kami melihat temen-temen Seduluran UMKM Rawalo (Suro) saling membantu dalam pemasaran baik langsung maupun online. Ini adalah bentuk kekompakan harus terjaga," ucap Tri.

Tri Gumawati sendiri mendalami bidang usaha cake dan makanan kering sejak tahun 2012 tertarik bergabung dengan Seduluran UMKM Rawalo sejak diadakannya pameran UMKM Rawalo pesta rakyat yang digelar oleh Seduluran UMKM Rawalo (SURO) tahun 2019 silam.

Berawal dari produksi teh, Secang Celup mendapatkan anugerah juara favorit pada lomba UMKM Gayeng Provinsi Jateng 2020 merupakan produk dari Bunda Naring desa Sidamulih kecamatan Rawalo SURO terus berkibar dan eksis.

1288