Home Hukum Terungkap Nilai Ujian SMA Joseph Paul Zhang

Terungkap Nilai Ujian SMA Joseph Paul Zhang

Tegal, Gatra.com - Youtuber Joseph Paul Zhang tengah diburu Bareskrim Polri dan Interpol karena pernyataannya yang menghina Islam dan Nabi Muhammad SAW.  Joseph Paul Zhang merupakan alumni SMAN 1 Tegal, Jawa Tengah. Dia menamatkan pendidikan di sekolah favorit di Kota Bahari itu pada 1993.

Ketua Ikatan Alumni SMA 1 Tegal (Ikasma) Tafakurrozak mengungkapkan, berdasarkan cerita teman-teman satu angkatan, Joseph Paul Zhang bukan tergolong siswa menonjol semasa bersekolah.

"Saya angkatan 1989, atau empat tahun di atasnya, jadi tidak sempat kenal saat sekolah. Tapi menurut cerita teman-temanya yang satu angkatan, dia biasa-biasa saja saat bersekolah," ujarnya saat dihubungi Gatra.com, Rabu (21/4).

Teman satu angkatan di sekolah menyebut pria bernama asli Shindy Paul Soerjomoelyono itu mulai aneh sejak empat tahun lalu. Menurut Tafakurrozak, teman-teman satu angkatan Joseph Paul Zhang mulai melihat Joseph berubah, terutama pandangannya terhadap Islam sejak 2017.  "Menurut cerita teman-temannya satu angkatan, mulai tahun 2017, dia mulai berubah 180 derajat, agak menyerang, dan punya kebencian terhadap Islam. Bahkan teman seangkatan yang aktif di Rohis-nya Kristen bilang dia aneh, seperti orang stres," ujar Tafakurrozak.

Sebagai Ketua Ikasma, Tafakurrozak merasa prihatin dengan pernyataan-pernyataan kontroversial Joseph Paul Zhang di video yang viral. Dia mendukung langkah Bareskrim Polri untuk menangkap dan mengadili Joseph karena sudah meresahkan.

"Kami minta Bareskrim Polri tangkap dia supaya diadili dan mempertanggungjawabkan kata-katanya karena ini mengancam kerukunan umat beragama. Kalau ini dibiarkan dan tidak diadili, nanti akan ada lagi Paul-Paul lain yang nyerang agama lain," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Josep Paul Zhang diketahui pernah mengenyam pendidikan di Kota Tegal, salah satunya di SMAN 1 Tegal. Hal ini dibenarkan Bagian Kearsipan SMAN 1 Tegal, Mohamad Husni Efendi.

"Iya betul, atas nama Shindy Paul Soerjomoelyono, nomor induk 8897, pernah belajar di SMA Negeri 1 Tegal. Yang bersangkutan lulusan tahun 1993," ungkap Husni, Rabu (21/4).

Berdasarkan data di salinan ijasah yang ditunjukkan Husni, Joseph Paul Zhang adalahsiswa jurusan IPA. Dia dinyatakan lulus dengan nilai Evaluasi Belajar Tahap Akhir (Ebta) dan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (Ebtanas) total 73.

Nilai total itu berasal dari nilai 11 mata pelajaran dalam Ebta dan Ebtanas. Di 11 mata pelajaran itu Joseph Paul Zhang mayoritas mendapat nilai 6 dan 7. Hanya ada satu mata pelajaran yang mendapat nilai 8 yakni Pendidikan Agama.

Jika melihat nilai yang didapat tersebut, Husni mengatakan Joseph Paul Zhang tergolong siswa yang prestasinya sedang-sedang saja. "Kalau dilihat nilainya, paling tinggi 8, berarti sedang-sedang saja," katanya.


 

2493