Home Kebencanaan Musibah KRI Nanggala 402, Hasbi Anshory Sampaikan Duka

Musibah KRI Nanggala 402, Hasbi Anshory Sampaikan Duka

Batanghari, Gatra.com- Musibah Kapal Selam KRI Nanggala 402 tenggelam usai mengalami hilang kontak di perairan Bali, kala menggelar latihan menembak rudal C802 dan torpedo, menyisakan duka mendalam bagi rakyat Indonesia.

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai NasDem Dapil Jambi, Hasbi Anshory menyampaikan kesedihan dan keprihatinan mendalam. Ia juga berbelasungkawa terhadap seluruh prajurit Ksatria Hiu Kencana yang gugur saat menunaikan tugas latihan. "Semoga arwah para pahlawan Bangsa mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya," ujar Hasbi Anshory dalam keterangan pers diterima Gatra.com, Ahad (25/4).

Sebagai anggota Komisi I DPR RI, Hasbi ingin menyampaikan beberapa pokok pikiran (Pikir) dalam menyikapi tragedi ini; Pertama mendorong pemerintah memberikan beasiswa hingga anak-anak mereka lulus strata 1 (S1). "Ini juga disertai santunan bagi istri prajurit yang gugur dan kenaikan pangkat otomatis satu level," ucapnya.

Pokir kedua, meminta pemerintah segera menetapkan hari duka nasional untuk menghormati para pejuang KRI Nanggala 402. Pokir ketiga, mendorong semua pihak untuk melakukan pemutakhiran alutsista semua matra khususnya TNI AL pada TA 2021/ 2022. "Serta pemenuhan Minimum Essential Forces (MEF) untuk pertahanan dan keamanan RI, lima sampai dengan 10 tahun ke depan," katanya.

Pokir keempat, segera meningkatkan kesejehteraan prajurit dan keluarga minimal untuk bisa kebutuhan hidup lebih layak. Pokir kelima, mendorong BPK, Kemhan dan TNI untuk melakukan audit terhadap MRO yang melakukan perbaikan kapal selam Nanggala 402. "Evaluasi ini penting untuk membangun strategi, kebijakan dan penegakan hukum yang lebih baik. Demikian harapan saya agar kejadian ini mendapatkan perhatian penuh dan tidak terulang lagi di masa depan," ujarnya.

Sebelumnya, Kapal Selam KRI Nanggala 402 mengalami hilang kontak di perairan Bali ketika menggelar latihan menembak rudal C802 dan torpedo. Kapal selam ini hilang kontak sejak Rabu subuh (21/4) sekira pukul 04.30 WIB.

KRI Nanggala 402 merupakan Kapal Selam kedua dalam jenis Kapal Selam kelas Cakra. Nanggala berada di bawah kendali Satuan Kapal Selam Komando Armada RI Kawasan Timur. Kapal ini diproduksi oleh Jerman pada tahun 1979 dan masuk jajaran TNI AL pada tahun 1981.

246