Home Ekonomi Ramai Pesanan BTS Meal, McDonalds Stasiun Gambir Disegel

Ramai Pesanan BTS Meal, McDonalds Stasiun Gambir Disegel

Jakarta, Gatra.com - Gerai makanan cepat saji McDonalds yang berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat ditutup dalam waktu 1X24 jam akibat kerumunan orang yang memesan BTS Meal pada Rabu (09/06) siang.

McDonalds tersebut didatangi oleh pihak dari Polsek Gambir, Koramil, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepala Stasiun Gambir. 

Kepala Polsek Metro Gambir AKBP Kade Budiyarta menuturkan bahwa terdapat sekitar 100 orang di gerai tersebut. Pihak McDonalds diminta untuk menutup gerai di Gambir tersebut karena terjadi kumpulan massa.

"Dan menghimbau pemilik untuk segera menutup McDonalds karena sudah menjadi gerombolan atau jadi sekumpulan massa di sana, tidak sesuai dengan protokol kesehatan. Itupun juga sudah diketahui oleh kepala stasiun maupun Satpol PP," ujar Kade melalui sambungan telepon pada Rabu (09/06).

Kade menyebutkan bahwa aplikasi pemesanan online juga ditutup. Menurutnya, jika pembubaran massa tidak dilakukan maka massa akan makin banyak karena masih banyak lagi pesanan secara online.

Masyarakat yang mengantri di gerai khususnya ojek daring juga diarahkan oleh pihak berwenang untuk melaksanakan protokol kesehatan. Karena kapasitas tempat tidak memadai, massa diarahkan dan dikumpulkan di tempat parkir kendaraan.

Kade menjelaskan bahwa tidak diperbolehkannya kerumunan dan penyegelan diatur di dalam Peraturan Daerah. Berdasarkan temuan penulis, Penerapan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 dan penyegelan restoran diatur di dalam Pasal 7 Peraturan Gubernur Nomor 41 Tahun 2020.

"Ya, kita berdasarkan Perda (Peraturan Daerah) kan sudah ada, sudah jelas bahwa tidak boleh ada kerumunan, dan apabila ada yang melanggar prokes (protokol kesehatan) akan kita laksanakan penyegelan atau penutupan sementara selama 1x24 jam,"ujar Kade.

BTS Meal merupakan produk dari McDonalds yang berkolaborasi dengan grup K-Pop kenamaan asal Korea Selatan, BTS. Menu terbatas ini tersedia di Indonesia pada 9 Juni 2021 dan hanya bisa dipesan melalui layanan Drive Thru dan layanan pesan antar resmi atau ojek daring.

 

260