Home Kebencanaan Antisipasi Lonjakan, Pati Siapkan Tiga Isolasi Terpusat

Antisipasi Lonjakan, Pati Siapkan Tiga Isolasi Terpusat

Pati, Gatra.com - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pati menyiapkan sejumlah gedung sebagai fasilitas isolasi terpusat untuk mengantisipasi meroketnya kasus Covid-19. Rumah sakit juga menambah tempat tidur untuk pasien Covid-19. 
 
Bupati Pati, Haryanto menyebut ada tiga lokasi  yang disiapkan sebagai tempat isolasi terpusat yaitu Hotel Kencana, Gedung Diklat KKB, dan Gedung Balai Latihan Kerja (BLK).  Tempat isolasi terpusat Hotel Kencana mampu menampung sebanyak 100 pasien. Sementara di Balai Diklat KKB Pati sudah tersedia 34 tempat tidur. Belum lagi di gedung BLK Pati.
 
Kapasitas tempat tidur di 10 rumah sakit di Pati pun ditambah. "Sesuai arahan Presiden dan Gubernur untuk menyiapkan tempat isolasi, masing-masing rumah sakit ini ditambah. Sebelumnya Bed Occupancy Ratio (BOR) di 10 rumah sakit 89%. Namun setelah seluruh rumah sakit kita undang, sekarang kita punya tempat tidur 604. Sampai sekarang terisi 67%," ujarnya, Senin (14/6).
 
Berkenaan semakin melonjaknya angka kasus positif Covid-19 di Pati, pihaknya memerintahkan kepada pemerintah desa, kecamatan, dan puskemas untuk memantau warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah. "Kemudian saya perintahkan kepada muspika camat, kepala desa, puskesmas yang isolasi mandiri itu dikawal ketat. Saya sudah punya datanya," jelasnya.

 

1265