Home Kebencanaan Puluhan Warga Reaktif Covid, Akses Kampung Ditutup

Puluhan Warga Reaktif Covid, Akses Kampung Ditutup

Sukoharjo, Gatra.com - Akses menuju Dukuh Ngadipiro RT 01/RW 04 Desa Grajegan, Kecamatan Tawangsari terpaksa ditutup sementara oleh Satgas Covid-19 tingkat kecamatan. Hal ini menyusul puluhan warga dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen.

Eko Purnomo tim pelaksana lapangan Satgas penanganan Covid-19 Desa Grajegan mengatakan, penutupan akses ke kampung tersebut mulai dilakukan pada Jum'at (25/6) sekitar pukul 17.00 WIB. 

"Ada empat akses yang kita tutup," katanya Sabtu (26/6).

Eko menjelaskan, penutupan akses kampung ini bermula ada satu keluarga yang terkonfirmasi positif virus Corona dan dianjurkan untuk perawatan di Rumah Sakit Nirmala Suri Sukoharjo. Namun pihak keluarga menolak dan memilih untuk isolasi mandiri di rumah. 

Kasus ini muncul karena sebelumnya ada kegiatan hajatan di kampung tersebut. Sehingga Satgas Covid-19 tingkat desa langsung melakukan tracing. Hasilnya sejumlah warga mengeluh sakit demam. Menyusul kondisi itu puluhan warga langsung dilakukan tes antigen.

"Untuk hasil tes antigen ada 32 orang reaktif dan 4 orang opname di rumah sakit," terangnya.

Lantaran tracing masih dilakukan, sehingga kemungkinan masih bertambah. Bahkan Minggu depan, rencananya warga yang belum di tes akan dilakukan tes antigen. 

"Hari ini dipimpin kapolsek bekerja sama dengan team gugus melakukan penyemprotan disenfektan," ujarnya.

Terkait dengan penutupan kampung itu, Satgas Covid-19 tingkat desa sudah membentuk tim. Tugas dari tim adalah mendistribusikan logistik bagi warga yang isolasi sekaligus memantau agar mereka tetap di rumah.

"Untuk kebutuhan makan di suplay dari tim gugus Desa Grajegan dan ada sumbangsih dari jogo tonggo Desa Grajegan," tandasnya.

1096