Home Politik Pimpin PB GPMI, Syarief Siap Perkuat Persaudaraan Umat dan NKRI

Pimpin PB GPMI, Syarief Siap Perkuat Persaudaraan Umat dan NKRI

Jakarta, Gatra.com – Syarief Hidayatullah mengatakan, akan melakukan konsolidasi dan menguatkan persaudaraan antara pengurus Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI), baik di pusat dan didaerah.

“Kita sepakat terus menjadi pemandu umat, menguatkan persaudaraan umat dalam bingkai NKRI,” kata Syarief di Jakarta, Kamis (1/7).

Pria yang akrab disapa BHS ini menyampaikan langkah awalnya usai ditetapkan sebagai Ketua Umum (Ketum) PB GPMI melanjutkan kepempimpinan K.H. Asli Ridwan yang wafat pada April 2021 lalu.

Ketua Pengurus GPMI Wilayah Jakarta Raya tersebut dipilih dalam Musyawarah Istimewa GPMI yang digelar secara daring karena terus melonjaknya kasus Covid-19. Awalnya, Musyawarah Istimewa akan digelar seca luring Jakarta International Equestrian Park (JIEP) Pulomas, Jakarta Timur.

Syarief terpilih menjadi ketum GPMI setelah meraih dukungan suara tebanyak dari pemilik suara yang terdiri dari pengurus PB dan Pengurus Wilayah (PW) tingkat provinsi yang jumlahnya 17 wilayah. Secara bergantian, ketua PW menyampaikan aspirasinya dan berkeinginan mendorong BHS menjadi ketum GPMI.

Ketua PW GPMI Aceh, Ilyas M Harun, menyampaikan bahwa kiprahnya BHS dalam membesarkan GPMI tak diragukan lagi. Energinya sangat besar dalam membawa panji organisasi. "Saya mengusulkan dan mendukung BHS untuk memimpin GPMI,” katanya.

BHS juga mendapat dukungan dari Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan Sumater Barat. Rustam, pemilik hak suara dari Kalimantan Barat, menyampaikan, pihaknya menginginkan ketum yang bisa menguatkan posisi dan kiprah GPMI. "Saya mengusulkan Haji Syarief. Maju GPMI," ujarnya.

Sebelum Musyawarah Istimewa berlangsung, ada 4 orang yang akan maju sebagai kandidat ketum PB GPMI, yakni mantan Ketua Mahkmah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva, Chusul Muluk, Yunasti, dan Syarief Hidayatulloh.

Bulatnya dukungan Pengurus PB dan PW terhadap BHS, akhirnya Ketua Sidang Pleno Ikbal Siregar, meminta persetujuan dari seluruh peserta Munas Istimewa. "Setuju!!" kata para pemilik suara serempak. BHS kemudian menerima Panji kebesaran GPMI dari Ketua Plt GPMI Yunasti.

Musyawarah Istimewa ini juga dihadiri Dewan Pembian GPMI Hamdan Zoelva, Sutrisno Muslimin serta para undangan dari berbagi ormas. Hadir membuka Munas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

515