Home Hukum Satlantas Sukoharjo Tambah Ruas Jalan yang Ditutup

Satlantas Sukoharjo Tambah Ruas Jalan yang Ditutup

Sukoharjo, Gatra.com – Setelah mendapat apresiasi dari Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, terkait penutupan arus di Jalan Raya Ir Soekarno Sukoharjo, kini Satlantas Polres Sukoharjo menambah jumlah titik ruas jalan yang ditutup selama pemberlakuan PPKM Darurat. 

Sebelumnya, Polres Sukoharjo hanya menutup tiga ruas jalan protokol saat malam hari. Namun kini, ditambah 10 titik lagi dan dilakukan selama 24 jam. 

KBO Lalulintas Satlantas Polres Sukoharjo, Iptu Wuri Handayani, mengatakan, penambahan titik penutupan ini dilakukan dari hasil evaluasi yang dilakukan. 

"Ya, kemarin memang cuma ada tiga titik saja, dan dilakukan pada malam hari. Tetapi arus lalulintas masih tinggi," katanya, Jumat (9/7).

Penutupan 13 titik ruas jalan ini mulai diberlakukan hari ini. Sehingga dengan penambahan jumlah titik ruas jalan yang ditutup selama 24 jam ini, diharapkan mampu menekan mobilitas masyarakat selama pemberlakuan PPKM Darurat. 

Dari pantauan di sejumlah jalan, nampak water barrier sudah terpasang pada titik-titik jalan yang ditutup. Masyarakat yang belum mengetahui penutupan jalan ini, terpaksa harus memutar balikan kendaraan. Mereka mencari jalan alternatif lain agar bisa sampai ke tempat tujuannya.

Adapun 13 ruas jalan di Sukoharjo yang ditutup selama PPKM Darurat, yakni Jalan Rajawali (Terminal Sukoharjo) penutupan jalan Solo-Wonogiri di utara Terminal Sukoharjo dilakukan pada seluruh ruas jalan, kendaraan dari arah Wonogiri dialihkan ke Jalan Rajawali atau Jalan dr Sutomo.

Jalan Jendran Sudirman (RS Nirmala Suri), penutupan jalan Solo-Wonogiri dari sebelah utara berujung di simpang tiga patung jamu, atau RS Nirmala Suri, kendaraan dari arah Solo dialihkan ke jalan Solo-Sukoharjo atau jalan Melati.

Simpang Empat Carikan, Jalan KH Samanhudi ditutup di simpang empat Carikan, kendaraan dari arah selatan (Wonogiri/PT Sritex), tidak bisa langsung ke utara (Solo) namun kendaraan dialihkan ke jalan Veteran Barat. 

"Untuk bus dan truk hanya bisa melalui Jalan dr Sutomo," ujarnya.

Selain tidak bisa mengarah ke utara, petugas kepolisian juga menutup jalan arah ke Jalan Vetaran di sisi timur, Jalan Veteran atau yang menuju ke Alun-alun Setya Negara ditutup total. Di Proliman, Sukoharjo, akses menuju Jalan Veteran juga ditutup dari simpang lima (proliman) Sukoharjo, kendaraan dari arah selatan, timur, dan utara tidak bisa berbelok ke arah barat ke Jalan Veteran atau yang menuju ke Alun-alun Setya Negara. 

Sedangkan di Simpang Empat RSUD Ir Soekarno, kendaraan di Jalan dr Sutomo, baik dari arah utara, timur, maupun selatan tidak bisa langsung berbelok ke barat ke Jalan dr Muwardi. Di Gor Glora Merdeka, Jalan Tentara Pelajar dari Jalan Jendral Sudirman juga ditutup petugas, kendaraan dari arah Solo dan Wonogiri tidak bisa langsung berbelok ke Jalan Tentara Pelajar, atau arah ke Gor Glora Merdeka, Jombor.

Di Simpang Tiga Langenharjo, kendaraan dari arah Sukoharjo tidak bisa langsung masuk ke Jalan Ir. Soekarno Solo Baru, Grogol, kendaraan akan dialihkan ke Jalan Pesanggrahan, Langenharjo.

Selain itu, di Simpang Pandawa, Jalan Ir Soekarno dari arah Sukoharjo ke Solo juga ditutup, petugas menutup jalan di Simpang Empat Patung Pandawa pada ruas jalan menuju ke Solo. Di Simpang Tiga Tanjunganom, kendaraan dari arah Solo menuju ke Sukoharjo melalui Jalan Ir Soekarno juga ditutup. Penutupan dilakukan di titik Patung Soekarno, di simpangtiga Tanjunganom.

Di Simpang Tiga Parangtejo, akses menuju Jalan Slamet Riyadi Kartasura ditutup di sebelah barat, kendaraan dari arah Boyolali maupun Klaten, tidak bisa langsung berbelok ke timur di Jalan Slamet Riyadi. 

Lalu di Bundaran Tugu Kartasura, penutupan jalan dilakukan di simpang tiga tugu Kartasura ke arah timur. Kendaraan dari arah Boyolali maupun Klaten tidak bisa berbelok ke Semarang–Surakarta. Di Simpang Tiga Ngasem, petugas juga mengalihkan kendaraan dari arah Boyolali ke arah Kartasura di Simpang Tiga Ngasem. 

Menurut Iptu Wuri, kendaraan dari arah Klaten dan Boyolali memang tidak bisa langsung menuju ke Kartasura.  "Kita alihkan. Lewatnya nanti di Colomadu," tandasnya.

1490