Home Internasional Meksiko Desak Para Imigran Haiti yang Menuju AS untuk Menyerah

Meksiko Desak Para Imigran Haiti yang Menuju AS untuk Menyerah

Ciudad Acuna, Gatra.com – Pejabat Meksiko mendesak warga Haiti di perbatasan Texas yang berusaha mencapai Amerika Serikat (AS) untuk menyerah dan kembali pulang ke perbatasan Meksiko-Guatemala guna meminta suaka. Hal ini terjadi saat ketidakpuasan tumbuh atas perlakuan yang diberikan kepada para imigran tersebut.

Kantor berita Reuters melaporkan pada Jumat (24/9), terdapat 14.000 imigran yang sebagian besar merupakan warga Haiti tengah berkemah di utara sungai Rio Grande bulan ini, ketika mereka berusaha memasuki AS. Akan tetapi, ratusan orang telah mundur ke Meksiko seusai pejabat AS mulai mengirimkan orang-orang tersebut kembali ke Haiti dengan pesawat.

Pada Kamis (23/9), utusan khusus AS untuk Haiti berhenti dalam protesnya atas deportasi para imigran oleh pemerintah Biden ke negara Karibia itu yang telah diguncang dengan pembunuhan presidennya, kekerasan geng, serta bencana alam.

Sementara itu, ada peningkatan tekanan pada Presiden Joe Biden untuk memperketat perbatasan. Di sisi lain, Institut Migrasi Nasional Meksiko (INM) mulai memulangkan para imigran ke Kota Tapachula di Meksiko Selatan sehingga mereka dapat mengajukan permohonan suaka di sana. 

"Kami membawa mereka jauh dari perbatasan, sehingga tidak ada masalah terkait kebersihan dan kepadatan," kata kepala INM, Francisco Garduno.

Di samping itu, Department of Homeland Security (DHS) atau Departemen Keamanan Dalam Negeri AS mengatakan per Kamis malam (23/9) pihaknya telah memulangkan hampir 2.000 imigran ke Haiti dari kamp di Del Rio, Texas di seberang Ciudad Acuna dan menahan hampir 4.000 orang.

131