Home Pendidikan Penuhi Kebutuhan Industri, Sekolah Ini Produksi Berbagai Aplikasi Game Hingga Website

Penuhi Kebutuhan Industri, Sekolah Ini Produksi Berbagai Aplikasi Game Hingga Website

Kendal, Gatra.com- Mengingat banyaknya lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang membutuhkan penyerapan tenaga kerja ke dunia industri dengan tepat dan sesuai dengan standar kompetensi pada industri, sebuah SMK di Kabupaten Kendal Jawa Tengah membuka Kelas Bisnis dan Industri.

SMK Bhakti Persada Kendal, membuka Kelas Bisnis Industri untuk memproduksi berbagai aplikasi, seperti game, animasi tiga dimensi, website dan lainnya, sesuai dengan permintaan dunia usaha.

Kepala SMK Bhakti Persada, Nursiyo menyampaikan, industri dan sekolah bekerjasama untuk berupaya menghasilkan output lulusan SMK yang bisa terserap dengan baik serta sesuai dengan standar di industri. Hal ini dilakukan karena sampai saat ini, baik dari pihak sekolah maupun industri sama-sama kesulitan menemukan talenta atau SDM yang tepat, yang sesuai dengan standarnya.

"Dengan dibukanya kelas bisnis ini, maka kami berharap para siswa nantinya bisa mengembangkan, bahkan membuat game pendidikan sendiri, yang laku untuk dijual baik di dunia pendidikan maupun dunia bisnis," katanya.

Nursiyo mengatakan, melalui kelas bisnis dan industri yang baru dilaunching, para siswa yang selama ini rata-rata hanya menggunakan game atau hanya jadi pelanggan saja akan mendapatkan income setelah bisa membuat dan kemudian menjual progam.

Sementara untuk menggabungkan antara kurikulum pendidikan dan kurikulum industri agar bisa berjalan selaras di kelas bisnis industri yang diikuti 20 siswa dalam satu kelas, SMK Bhakti Persada dengan industri melaksanakan sinkronisasi kurikulum sebagai salah satu bagian dari kerjasama.

Salah seorang siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer Jaringan, Muhammad Zainudin merasa senang bisa terpilih masuk di kelas industri. Dirinya mengaku, selain menyukai permainan game, juga sering mempelajari cara membuat game online pendidikan. "Selain menyukai permainan game, saya juga sering mempelajari cara membuat game online pendidikan," katanya.

Perwakilan dari Gamelab PT Educa Sisfo Media Indonesia, Andi Saputra, yang juga sekaligus sebagai kepala kurikulum dan pengajar memaparkan, dari beberapa program yang akan diberikan kepada para siswa kelas Industri diantaranya, pembuatan website, game dan aminasi tiga dimensi.

SMK Persada Kendal merupakan sekolah yang memiliki lima jurusan. Yakni jurusan Akutansi Keuangan, Farmasi Klinis dan Komunikasi, Manajemen Perkantoran, Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknik, serta Bisnis Sepeda Motor.
 

 

371