Home Internasional Hujan Bom Terjadi saat Para Ibu Meyakinkan Anaknya: Perang Tidak Akan Mencapai Kita

Hujan Bom Terjadi saat Para Ibu Meyakinkan Anaknya: Perang Tidak Akan Mencapai Kita

Yavoriv, Gatra.com- Kengerian di kota di mana para ibu memberi tahu anak-anaknya 'perang tidak akan pernah mencapai kita'. Hujan rudal membawa kematian dan kehancuran ke Yavoriv,  yang hanya 12 mil dari perbatasan Polandia. Daily Mail, 13/03.

Yavoriv di ujung barat Ukraina, sebagian besar telah lolos dari kengerian yang terlihat di tempat lain. Para ibu, berharap untuk perdamaian, telah mengatakan kepada anak-anak untuk tidak khawatir tentang Rusia. Sebanyak 12.000 warganya melindungi pengungsi dan memberlakukan jam malam jam 10 malam. Lalu kemarin hujan misil membawa kematian dan kehancuran ke kota itu.

Rudal-rudal itu menghujani Pusat Penjaga Perdamaian dan Keamanan Internasional. Akibatnya, total 35 orang tewas dan 134 lainnya luka-luka. 

Sampai dini hari kemarin, orang-orang Yavoriv di ujung barat Ukraina menganggap diri mereka diberkati. Diberkati bahwa pertempuran itu ratusan mil jauhnya, bahwa hidup di puncak Eropa Barat, keberadaan damai mereka akan bertahan apa pun yang terjadi.

Para ibu memberi tahu anak-anak yang cemas untuk tidak khawatir tentang Rusia. "Saya memberi tahu saya bahwa perang tidak akan pernah mencapai kita di sini," kata Yana Volbyn, 29 tahun. "Kubilang pertempuran itu begitu jauh, mungkin juga di negeri asing."

Namun, kota kecil yang biasa-biasa saja ini menyingsingkan lengan bajunya dan tetap melakukan upaya perangnya. Hanya 12 mil dari perbatasan Polandia, banyak dari 12.000 warganya melindungi pengungsi, beberapa pria bergabung dengan unit sukarelawan dan semua orang mematuhi jam malam jam 10 malam, dengan hati-hati mematikan lampu agar tidak memandu pembom malam Rusia.

Benar, mereka berbagi kota dengan pangkalan pelatihan militer. "Tapi tempat itu tentang penjaga perdamaian, kan?" kata Yaroslav Smuk, 21 tahun, sambil menggelengkan kepalanya. Bukan untuk Vladimir Putin.

Barak di Pusat Perdamaian dan Keamanan Internasional di Yavoriv terbakar setelah terkena serangan rudal Rusia pada Minggu dini hari - menewaskan 35 orang dan melukai 134 lainnya. 

Begitu yakinnya seorang penduduk sehingga Yavoriv kebal terhadap perang, pikiran pertamanya adalah bahwa gempa bumi telah terjadi. Fajar menampilkan kengerian dalam kelegaan tinggi. Tangisan teredam bocor dari gedung-gedung yang runtuh, satu diratakan seolah-olah oleh sepatu bot raksasa.

Di dekatnya, sebuah kawah raksasa sedalam 30 kaki mengotori lapangan olahraga kamp. Dan kemudian dari puing-puing itu muncul mayat-mayat. Sedikitnya 35 tewas dan 134 terluka. Seorang saksi berkata: 'Kami mendengar alarm dan pergi ke tempat perlindungan bom, sebelum kembali ketika tampaknya semuanya telah stabil.

Sekitar 30-40 menit kemudian, sekitar pukul 5 pagi hingga 5.30 pagi, tiba-tiba kami mendengar suara tepuk tangan. Posisi kami dibom. "Kami berada di lantai. Saya mendengar apa yang terdengar seperti peluncuran roket, dan suara ledakan di tanah. Kami sedang mencari orang-orang di bawah reruntuhan. Mungkin ada seseorang yang masih hidup," katanya.

Pastor Michael Haniak, 32 tahun, yang tinggal di dekatnya, ingat bahwa ia diguncang dari tidurnya oleh serangkaian ledakan. Dia mengintip dari jendela kamarnya tepat ketika langit di atas hutan dan padang rumput menyala 'seperti kilat yang paling mengerikan'.

Serangkaian ledakan mengguncang jendelanya – 'Bagaimana mereka masih utuh, saya tidak tahu' – dan dia secara naluriah mencari perlindungan di balik tempat tidurnya.

Kemudian, dia akan menghibur kawanannya pada misa hari Minggu. Perasaan yang diungkapkan semuanya sama: "Kami tidak pernah melihat ini datang, Ayah. Kami berasumsi kami aman di sini."

Selama beberapa jam setelah serangan rudal, beberapa orang di kota meninggalkan rumah mereka. Beberapa penduduk sering bepergian ke Polandia di mana mereka mendapatkan uang dengan memetik buah. Yaroslav hanya mengingat malam sebelumnya dia menantikan musim stroberi. "Tapi kemudian ada kepanikan," katanya. "Orang-orang saling bertanya apakah akan ada lebih banyak bom?"

Perlahan kemarin, kota itu mendapatkan kembali keberaniannya. Pemuda lesu berkumpul di sudut-sudut jalan seolah-olah menentang. Di atas mereka sebuah papan reklame merah, yang muncul sehari setelah invasi, mengeluarkan para pejuang Rusia dengan peringatan kosong: "Ini adalah tanah kami dan Anda akan dikuburkan di dalamnya."

Sepanjang pagi ambulans mengangkut yang terluka ke rumah sakit sebelum kembali berkali-kali ketika puing-puing menghasilkan lebih banyak korban selamat yang berlumuran darah.

Saat makan siang, ketika sirene akhirnya tidak terdengar lagi, Yavoriv menjadi gelisah. Apakah penyusup Rusia mengintai jalan-jalannya? Para wartawan menatap dengan curiga. Akreditasi pers kami diperiksa dan difoto delapan kali dalam waktu satu jam oleh polisi dan sukarelawan.

Di salah satu dari beberapa pintu masuk ke Pusat Penjaga Perdamaian, seorang tentara memberi tahu kami: "Tidak aman di sekitar sini. Masih ada operasi khusus yang sedang berlangsung."

269