Home Internasional Jika Biden ke Saudi, Kunjungan akan Difokuskan Bidang Energi

Jika Biden ke Saudi, Kunjungan akan Difokuskan Bidang Energi

Washington, D.C, Gatra.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pada hari Sabtu bahwa dia belum dapat memberikan keputusan tentang kunjungannya ke Arab Saudi. Namun jika itu berlangsung maka kunjungan akan mencakup agenda yang berfokus pada pembicaraan lebih banyak mengenai energi.

Ditanya bagaimana jika ada komitmen yang Washington tunggu dari Riyadh, Biden mengatakan: “Komitmen dari Saudi tidak berhubungan dengan apa pun yang berkaitan dengan energi. Itu adalah pertemuan yang lebih besar yang terjadi di Arab Saudi.”

Dia menambahkan: “Itulah alasan saya pergi. Dan itu ada hubungannya dengan keamanan nasional bagi mereka — bagi orang Israel. Saya punya program. Ini ada hubungannya dengan masalah yang jauh lebih besar daripada berkaitan dengan bagian energi.”

Gedung Putih rencananya akan mengumumkan pada Senin ini mengenai perjalanan Biden ke Arab Saudi, sebagaimana Wall Street Journal melaporkan, mengutip dua pejabat AS yang mengetahui langsung rencana tersebut.

Laporan WSJ mengatakan Biden akan melakukan perjalanan ke Kerajaan Saudi bulan depan, sebagai bagian dari kunjungan yang lebih luas ke wilayah yang mencakup di Israel.

Agenda Biden juga termasuk pertemuan dengan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman.

43