Home Pendidikan Lembaga Akreditasi Keteknikan Indonesia Kini Diakui Secara Internasional

Lembaga Akreditasi Keteknikan Indonesia Kini Diakui Secara Internasional

Jakarta, Gatra.com - Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) yang menjadi bagian dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) kini telah memperoleh status sebagai anggota penuh (Signatory Member) pada Washington Accord (WA). Dengan status tersebut, IABEE menjadi lembaga akreditasi untuk program studi keteknikan yang diakui secara internasional.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Nizam, menyebut kehadiran IABEE dapat mempermudah perguruan tinggi untuk mendapatkan akreditasi internasional di bidang keteknikan.

Perguruan tinggi tidak perlu repot mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga akreditasi asing karena IABEE memiliki posisi yang ekuivalen dengan 23 anggota negara signatori.

"Kita perlu bekerja sama, berkolaborasi, untuk meningkatkan kualitas lulusan yang kompetitif secara nasional dan internasional," ujar Nizam dalam keterangan tertulis, Jumat (14/7).

Nizam dalam acara 2023 IABEE Engineering Education Outlook Symposium & Ceremony of JICA Project Completion, tersebut pun berharap keberadaan IABEE dapat memberikan kontribusi nyata dalam mempersiapkan keinsinyuran Indonesia yang diakui oleh dunia.

"IABEE mendukung institusi dalam mendapatkan akreditasi internasional dan menghasilkan lulusan yang berstandar internasional, baik di kawasan Asia Tenggara dan dunia," jelas Nizam.

Sementara itu, Ketua PII periode Danis Hidayat Sumadilaga, menyampaikan perjalanan menjadianggota tetap Washington Accord merupakan proses yang panjang hingga berjalan selama tiga periode kepengurusan PII.

"Kami berterima kasih atas dukungan dan kerja sama seluruh pihak mulai dari inisiasi, persiapan, pelaksanaan, hingga proses implementasi," ucap Danis.

Ke depan, PII berencana melanjutkan ekspansi keanggotaan IABEE ke dalam Seoul Accord dan Sydney Accord. Dengan begitu IABEE akan mendapatkan keanggotaan akreditasi internasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta bidang Engineering Technology.

113