Home Ekonomi Menko Airlangga Targetkan Jumlah Transaksi di GIIAS 2023 Tembus Rp15 Triliun

Menko Airlangga Targetkan Jumlah Transaksi di GIIAS 2023 Tembus Rp15 Triliun

Jakarta, Gatra.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menargetkan jumlah transaksi dalam acara pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 melebihi capaian tahun lalu, yaitu tembus Rp15 triliun.

“Tahun lalu sampai Rp14,3 triliun dan unitnya 26.000 unit lebih, saya rasa tahun ini juga targetnya minimal lebih baik karena judulnya future now,” kata Airlangga di ICE BSD, Tangerang pada Kamis (10/8).

Menurut Airlangga, target tersebut ditetapkan karena melihat ekonomi Indonesia saat uni sudah jauh lebih baik pascapandemi Covid-19. Hal ini tercemin dari pertimbuhan ekonomi Indonesia yang berada di atas 5% selama 7 kuartal berturut-turut.

“Jadi, kita punya kemampuan untuk resiliensi yang kuat," kata Airlangga.

Ia juga berharap, GIIAS 2023 ini dapat mempromosikan kendaraan listik yang nantinya dapat mendorong penurunan emisi karbon yang telah ditargetkan oleh Pemerintah pada 2060 mendatang.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, saat ini ada sekitar 21 perusahaan yang memproduksi otomotif di bawah naungan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Indonesia juga mampu mengekspor dekitar 470.000 unit pada tahun 2022, yang telah menyasar setidaknya 93 negara di seluruh dunia.

"Kami harap Indonesia bisa masuk 10 besar produsen otomotif global dan untuk ekspor bisa mencapai 500.000 unit," katanya.

Untuk diketahui, pameran GIIAS ini merepresentasikan masa depan industri otomotif Indonesia. Tahun ini GIIAS akan kembali menyoroti kelebihan, durabilitas, dan fitur terkini dari kendaraan listrik, meyakinkan masyarakat untuk mendukung dan mulai beralih ke kendaraan yang ramah lingkungan.

Tahun ini, GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

Kemudian lima merek dari kendaraan komersial, yakni Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Serta 15 merek dari kendaraan roda dua, yakni Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Selain kendaraan penumpang, kendaraan komersial, dan kendaraan roda dua, 3 merek karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga akan unjuk gigi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023.

87