Home Sumbagsel Lahan Gambut di OKI Terbakar, Tim Pemadam Kesulitan Akses dan Sumber Air

Lahan Gambut di OKI Terbakar, Tim Pemadam Kesulitan Akses dan Sumber Air

OKI, Gatra.com – Lahan gambut seluas kurang lebih 2 hektare di Dusun 1, Desa Cengal, Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel, terbakar pada Rabu (9/8/2023) sekitar pukul 14.30 WIB.

Kebakaran itu menimbulkan dampak yang cukup serius karena gambut merupakan bahan organik yang mudah terbakar. Ditambah akses ke lokasi yang jauh sehingga pemadaman cukup sulit dilakukan.

Kapolsek Cengal, Iptu Chandra Kirana, mengatakan, pemadaman berlangsung lama ditambah angin yang berhembus kencang membuat api cepat menjalar.

"Kemarin terjadi kebakaran lahan lebak purun lumayan luas. Lahan yang terbakar itu belum diketahui siapa pemiliknya," ujarnya Kamis (10/8/2023).

Berdasarkan keterangan warga, lokasi tersebut adalah lahan desa yang akan dibuat lahan kelompok tani pada masa kades Cengal sebelumnya, tetapi belum sempat dikelola.

"Pemadaman dilakukan semua personel gabungan dengan sekuat tenaga memadamkan api. Tapi pemadaman ini terkendala, lokasinya yang sulit dijangkau serta sulit mendapatkan sumber air," katanya.

Apalagi sekitaran lokasi lahan yang terbakar, untuk sumber air sangat sulit dikarenakan sungai sudah mulai mengering dan ditambah areal yang terbakar merupakan semak belukar. Selain itu, lokasi sulit untuk dijangkau kendaraan, hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki.

"Pemadaman menggunakan peralatan berupa mesin pompa air, tanki semprot, ember, kepyok, dan lainnya," kata dia.

Kapolsek mengungkapkan, api sangat cepat menjalar setelah ditemukan. Tempatnya, dari jalan poros menuju lokasi kurang lebih 15 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua dan dilanjutkan berjalan kaki.

Meskipun api terus membesar karena angin, akan tetapi api sudah berhasil dipadamkan serta tidak lagi mengeluarkan asap.

"Tim terpadu Polsek Cengal terus melakukan sosialisasi dan meningkatkan kerja sama dengan Tripika Kecamata Cengal dalam melakukan giat mitigasi Karhutla. Patroli di lokasi-lokasi rawan Karhutla tetap dilaksanakan serta pemantau hot spot," ucapnya.

Sementara itu, Selain di Desa Cengal, Kecamatan Cengal yang terbakar pada hari sebelumnya, Karhutla juga terjadi Desa Lebak Deling, Kecamatan Pangkalan Lampam dan Jejawi. Lahan yang terbakar di pinggir jalan, api cepat menjalar dan asap tebal membumbung tinggi. Api baru bisa dipadamkan keesokannya harinya.

120