Home Nasional HUT ke-78 RI, Ini Pesan Presiden AS Joe Biden

HUT ke-78 RI, Ini Pesan Presiden AS Joe Biden

Washington DC, Gatra.com – Menyambut perayaan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia, Presiden Amerika Serikat Joseph R. Biden Jr. turut menyampaikan ucapan dukungan kepada pemerintah RI.

“Bapak Presiden yang terhormat, atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78,” demikian Presiden Joe Biden dalam pernyataan yang diteruskan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta, Kamis (16/8).

Bagi AS, kemitraan strategis bersama Indonesia memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama dianut dan keamanan serta kemakmuran rakyat kedua negara. Kedua negara, imbuhnya, bersama aktif mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Demikian pula bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan. Kedua belah pihak memperkuat hubungan antarmasyarakat yang mendasari kemitraan bersama.

Amerika Serikat, sebut Biden, juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

“Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini,” pungkasnya.

21