Home Regional Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Ribuan TPS Pemilu 2024

Polda Jateng Terjunkan 22 Ribu Personel Amankan Ribuan TPS Pemilu 2024

Semarang, Gatra.com – Polda Jawa Tengah (Jateng) menerjunkan sebanyak 22 ribu personel Polri untuk mengamankan ribuan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Mantap Brata 2023–2024 di Hotel Patra, Selasa (10/10).

Rakor tersebut dihadiri Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, seluruh unsur pimpinan kewilayahan Polri dan TNI, pemerintah daerah, KPU, dan serta Bawaslu tingkat Provinsi hingga kabupaten dan kota di Jateng.

“Rakor Lintas Sektoral ini untuk menciptakan sinergitas dalam pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2024. Sebanyak 22 ribu personel Polda Jateng akan diterjunkan guna mengamankan TPS yang dilakukan bersinergi dengan TNI,” ujar Ahmad Luthfi.

Lebih lanjut, Kapolda Jateng menyatakan untuk cipta kondisi menjelang Pemilu 2024 akan menggelar Operasi Mantap Brata yang dimulai pada 19 Oktober mendatang.

Giat pengamanan tersebut akan dilakukan kolaborasi antara Polri dan TNI. Melalui kegiatan ini, pelaksanan Pemilu 2024 di Jateng diharapkan dapat berjalan aman dan lancar, serta persatuan dan kesatuan di masyarakat tetap terjaga.

Kapolda menambahkan, sebagai langkah antisipasi untuk meredakan situasi di tengah masyarakat selama proses Pemilu juga telah menyiapkan Satgas Cooling System.

"Jadi Satgas Cooling System ini untuk mendinginkan masyarakat yang mengikuti Pemilu. Satgas terbagi menjadi satgas manajemen media, sosial, dan kemitraan,” ujarnya.

Dalam proses pemilu, imbuh Kapolda Jateng boleh saja terjadi perbedaan pilihan, tapi prinsipnya persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus tetap dijaga jangan sampai terjadi gesekan.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatangan kerja sama terkait SOP pengamanan Pemilu yang dilakukan Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, mengapresiasi langkah Polda Jateng menggelar Rakor lintas sektoral guna menghadapi Pemilu 2024.

Pasalanya, lanjut Nana, berdasarkan indeks kerawanan pemilu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) ada tujuh kabupaten dan kota di Jateng masuk kategori rawan tinggi, yakni Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Purworejo, Temanggung, Wonosobo, Magelang, dan Kendal.

“Saya minta agar dilakukan langkah-langkah strategis dan evaluasi. Kita harapkan pelaksanaan pemilu di Jateng dapat berjalan sukses, aman dan damai,” ujarnya.

118