Home Nasional Penggerak dan Inisiator Bidang Hukum: BPHN, LPSK, PPATK Raih Gatra Awards

Penggerak dan Inisiator Bidang Hukum: BPHN, LPSK, PPATK Raih Gatra Awards

Jakarta, Gatra.com - Gatra Media Group (GMG) mempersembahkan Gatra Awards 2023 untuk mengapresiasi para insan dan korporasi yang telah berkontribusi untuk pembangunan Indonesia secara menyeluruh.

Bertajuk "Apresiasi Kerja Atas Unsur Inovasi, Transformasi, Reformasi, Penciptaan Daya Saing, dan Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Maju", Gatra Awards 2023 juga memberikan apresiasi untuk penggerak di bidang hukum.

Para pemenang Gatra Awards Bidang Hukum tahun ini adalah Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM, Lembaga Perlindungan Saksi, dan Korban (LPSK), serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM memenangkan Gatra Awards 2023 Bidang hukum atas pencapaian mereka dalam memantau, mengevaluasi, hingga menganalisis pelaksanaan perencanaan hukum.

Salah satu pencapaian BPHN yang patut diapresiasi adalah program perluasan bantuan hukum bagi individu dan kelompok rentan di Indonesia. Atas program ini, BPHN pun berhasil mendapatkan penghargaan Open Government Partnership award 2023 di Estonia.

“BPHN memiliki salah satu program Access to Justice. Program ini merupakan bagian dari perintah Presiden agar program bantuan hukum agar masyarakat miskin dan kelompok rentan mendapat ruang yang lebih bagus dan pemerintah hadir di dalamnya,” ucap Kepala BPHN Widodo Ekatjahjana dalam acara Gatra Awards di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Jumat malam (17/11).

Inisiatif BPHN untuk memberikan penghargaan bagi lurah atau kepala desa yang berkontribusi dalam pelayanan hukum kepada publik di lingkungan Paralegal Justice Award 2023 pun menjadi catatan penting.

“Semoga di usia ke- 29 ini, media Gatra sebagai media mainstream akan leading memberikan pencerahan, edukasi kepada publik,” kata Widodo Ekatjahjana.

Adapun Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memenangkan Gatra Awards 2023 Bidang Hukum atas pencapaian mereka dalam mendampingi para korban dan saksi selama proses hukum berlangsung.

LPSK berperan penting dalam memberikan rasa aman bagi para korban, khususnya dalam mengungkap kasus-kasus besar di tahun 2023. Salah satunya adalah kasus pembunuhan Novriansyah Yosua Hutabarat yang melibatkan eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo.

LPSK kembali membuktikan diri sebagai lembaga yang dipercaya dan mampu memberi rasa aman bagi para saksi kunci. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah permohonan perlindungan yang cukup signifikan. Merujuk pada Laporan Tahunan LPSK 2022, pada awal berdiri (2008, LPSK menangani 10 permohonan. Meningkat menjadi 74 pada 2009, dan terus naik menjadi 153 pada 2010 dan 7.777 permohonan pada 2022.

“Terima kasih, kami mengucapkan selamat ulang tahun ke-29 buat Gatra. Maju dan berimbang,” ucap Wakil Ketua LPSK, Maneger Nasution usai acara Gatra Awards.

Sedangkan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) memenangkan Gatra Awards 2023 Bidang Hukum atas pencapaian mereka dalam mengungkap kasus-kasus terindikasi kejahatan pencucian uang dalam beberapa kasus besar tahun ini.

Beberapa hasil analisis PPATK bahkan berhasil mengungkap kasus-kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Seperti kasus TPPO dengan nilai transaksi Rp442 miliar. Kasus ini pun ditindaklanjuti oleh Polri dengan penetapan tersangka dalam jaringan kasus TPPO Kamboja.

"Apresiasi ini kami berikan tidak hanya terhadap individu dan kelompok masyarakat, tapi juga kepada lembaga pemerintah dan negara, institusi bisnis baik BUMN maupun swasta yang menorehkan prestasi sepanjang tahun 2023," ujar Direktur Utama Gatra Media Group, Hendri Firzani.

Hadir selama 29 tahun, kata Hendri, Gatra sebagai salah satu media arus utama setia mengusung jurnalisme yang mengedukasi, menginspirasi dan memegang teguh etika jurnalisme. Seiring dengan perkembangan zaman, Gatra akan terus berupaya untuk mengambil peran dalam mendorong terciptanya situasi yang mendukung keberlanjutan pembangunan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

222