Home Teknologi Teknologi Leica Geosystems Turut Dukung Megahnya Konser Coldplay di Jakarta

Teknologi Leica Geosystems Turut Dukung Megahnya Konser Coldplay di Jakarta

Jakarta, Gatra.com – Baru-baru ini Indonesia kedatangan sebuah band kenamaan Internasional, yaitu Coldplay. Tentunya, konser ini disambut meriah oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, ini adalah konser pertama Coldplay di Indonesia. Terbukti kurang lebih 80.000 penonton dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri, berbondong-bondong datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) untuk menyaksikan konser akbar tersebut.

Tentunya untuk menghadirkan pengalaman konser yang megah dibutuhkan persiapan yang matang, mulai dari penjualan tiket hingga persiapan teknis di lokasi acara. Pihak penyelenggara konser Coldplay di Jakarta harus memastikan acara berjalan dengan lancar, aman, spektakuler dan megah, dengan melakukan perencanaan yang matang.

Panggung acara adalah salah satu bagian yang sangat penting karena semua mata akan tertuju ke tempat ini. Untuk itu, dibutuhkan desain dan penempatan konstruksi panggung yang ideal. Sistem pengukuran panggung yang presisi ini memungkinkan penyelenggara konser untuk merencanakan tata suara, tata cahaya, aksi panggung dan keseluruhan pertunjukan dengan sempurna. Hal ini yang membuat konser musik Coldplay dapat berjalan dengan sukses dan megah.

Pemetaan dan pengukuran tata letak yang detail dan akurat dapat membantu penyelenggara untuk perencanaan konser dengan lebih matang dan efisien. Mulai dari efisiensi biaya dan waktu, perencanaan hasil suara dan pertunjukan, hingga keamanan dan keselamatan personil Coldplay hingga para penonton.

Baca juga:  Datascrip dan Leica Geosystems Indonesia Perkenalkan Leica Pegasus TRK, Solusi Pemetaan 3D untuk Digitalisasi Aset Perkotaan

Leica Geosystems melalui PT Datascrip sebagai authorized distributor-nya di Indonesia dipercaya melakukan pemetaan dan pengukuran area panggung sebelum konser Coldplay di Jakarta berlangsung. Hal tersebut dilakukan untuk dapat merancang konstruksi panggung konser musik yang presisi dan berstandar internasional. Adapun solusi yang digunakan untuk mendapatkan data pemetaan dan pengukuran di area SUGBK yaitu dengan perangkat survey engineering dari Leica Geosystems, yaitu Leica MS 50, Leica AP20, dan Leica RTC360.

Leica MS 50 merupakan alat pengukuran total station yang digunakan untuk mengukur jarak, sudut, dan ketinggian suatu tempat secara akurat. Leica AP20 merupakan perangkat pengukuran dengan sistem autopole sehingga memudahkan proses menentukan lokasi koordinat di lapangan sesuai dengan rencana desain. Sedangkan, Leica RTC360 merupakan scanner 3D portable yang digunakan untuk memindai ukuran area panggung dari berbagai sudut hingga analisis kontur area titik peletakan panggung acara.

Ketiga alat ini menghasilkan data pengukuran yang akurat untuk menentukan posisi dan tata letak yang ideal untuk panggung, tata suara, pencahayaan, hingga penonton. Dengan solusi pengukuran dan pemetaan dari Leica Geosystems ini memberikan manfaat bagi pelaksanaan konser Coldplay yaitu:

Menghasilkan tata suara dan cahaya yang memukau. Penonton dapat menikmati suara yang dihasilkan dengan lebih jernih, musik yang lebih harmonis, dan pertunjukan dengan audio dan visual yang spektakuler.

Baca juga: 3D Laser Scanner Mungil yang Tidak Main-main Soal Akurasi dan Kecepatan

Efisiensi waktu dan biaya. Sistem pengukuran panggung yang presisi dapat membantu penyelenggara konser untuk menghemat waktu dan biaya. Hal ini karena sistem ini dapat mempercepat proses perencanaan dan pelaksanaan konser.

Keselamatan dan keamanan. Sistem pengukuran panggung yang presisi dapat membantu penyelenggara konser untuk memastikan keselamatan dan keamanan para penonton dan pekerja konser. Hal ini karena sistem ini dapat membantu untuk mendeteksi potensi bahaya yang ada di panggung.

“Penonton datang ke GBK tidak sekadar ingin melihat dan mendengar Coldpaly bernanyi, tetapi ingin mendapatkan pengalaman dan sensasi konser yang megah dan spektakuler. Leica Geosystems menghadirkan solusi pengukuran dan pemetaan yang akurat untuk mendukung persiapan yang matang sehingga acara konser berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Busroni Arief Yanto - President Direktur Leica Geosystems Indonesia.

“Suatu kebanggaan bagi Datascrip dapat turut andil dalam menyukseskan penyelenggaraan konser akbar yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Leica Geosystems menghadirkan solusi untuk beragam kebutuhan, seperti perencanaan desain konstruksi dan arsitektur, dokumentasi interior, dokumentasi bangunan bersejarah, industri film hingga perencanaan acara hiburan seperti konser Coldplay di Jakarta beberapa hari yang lalu,” kata Fernando Handinata - Business Unit Director PT Datascrip.

96