Home Teknologi Dorong Akselerasi Transformasi Digital, Lintas Teknologi Gelar Seminar 'Smart Society 5.0'

Dorong Akselerasi Transformasi Digital, Lintas Teknologi Gelar Seminar 'Smart Society 5.0'

Jakarta, Gatra.com- PT Lintas Teknologi Indonesia menggelar seminar bertajuk, "Smart Society 5.0 for Indonesia.  Agenda tersebut dilaksanakan sebagai salah satu upaya Lintas Group untuk membuka peluang menuju era digital unggul, yang memberikan manfaat dan implikasi positif untuk industri, individu dan masyarakat.

President Director PT Lintas Teknologi Indonesia, Muhamad Paisol menyampaikan bahwa seminar tersebut membahas berbagai topik. Antara lain terkait inovasi digital, bisnis berkelanjutan, big data dan AI (Artificial Intelligence) dan peran krusial perusahaan telekomunikasi dalam membentuk peta jalan digital Indonesia.

“Para peserta kami undang untuk mendapatkan lebih banyak wawasan berharga dan menciptakan masa depan Indonesia yang cerdas secara digital. Artinya, mereka mampu memanfaatkan dan mendapatkan keuntungan dari perkembangan teknologi, ” ujar Paisol dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/11).

Baca juga: Ala Laptop Plus Layar Bertekstur Kertas, HUAWEI MatePad 11 PaperMatte Edition Resmi Hadir di Indones

Di sektor industri, inovasi menjadi krusial untuk menghadirkan solusi yang optimal dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat. Bagi individu, penerapan konsep Society 5.0 berdampak signifikan terhadap cara berpikir dan perilaku, baik pada tingkat individu maupun masyarakat secara keseluruhan.

Manfaatnya bagi Indonesia mencakup peningkatan dan optimalisasi kualitas layanan publik, peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta pertumbuhan ekonomi melalui transformasi pola kerja dan bisnis. Hal ini pada akhirnya dapat berpengaruh positif pada pendapatan.

Lebih lanjut Paisol menuturkan, gelaran seminar tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen
Lintas Group sebagai penyokong teknologi ICT, untuk terus mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. “Harapan kami melalui seminar ini kolaborasi antar sektor industri, pelaku bisnis, penyedia teknologi dan pemangku kebijakan, dapat melahirkan berbagai inovasi
pengembangan teknologi dan ekosistem ekonomi digital di tanah air,” ucapnya.

Baca juga: Global Cyber Security 2023: Peta Jalan untuk Ketahanan Siber Internasional

Sementara itu, Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, DR. Ir. Ismail MT mengatakan bahwa pemerintah Indonesia memberikan dukungan penuh terhadap upaya berbagai pihak untuk membangun infrastruktur digital lebih merata dan mendorong kepemimpinan digital di Indonesia.

"Indonesia berkomitmen penuh untuk
mengoptimalkan pertumbuhan ekosistem digital melalui berbagai inisiatif," ujar Ismail dalam
paparannya. Ia menambahkan bahwa kolaborasi dapat menjadi kunci untuk membangun Society 5.0.

"Dalam kolaborasi ini, pemerintah harus pandai menjadi orkestrator, penyedia layanan telekomunikasi dari sisi infrastruktur juga harus berjalan dengan sustainable dan terjamin
untuk memastikan kesiapan infrastruktur," katanya.

​​​​​​Baca juga: Vivobook 14 Ini Diklaim Sebagai Laptop Entry-Level Paling Tangguh, Masa Sih?
Selain DR. Ir. Ismail, MT sebagai perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika
Republik Indonesia, sejumlah tokoh yang turut menjadi pembicara, yakni CEO XL Axiata Dian Siswarini, VP Network Strategic Collaboration and Settlement Telkomsel Awal Rachman Chalik, Regional

Manager Amazon Web Services (AWS) Kees Lemmens, dan Pangeran Jaksel & Commisioner PT Trimegah Karya Pratama Tbk. Ranggaz Laksmana. Dalam paparannya, mereka mengungkapkan bahwa potensi Smart Society 5.0 untuk merajut teknologi dengan kebutuhan masyarakat, memiliki manfaat signifikan guna kemajuan bangsa.

Mengusung konsep One-Day Conference, Lintas Teknologi Solutions Day 2023 juga menggelar pameran solusi teknologi dari partner teknologi Lintas Group sehingga memberikan kesempatan bagi organisasi atau perusahaan untuk dapat menemukan solusi ICT dalam mewujudkan transformasi digital, sekaligus sebagai sarana networking yang ideal.

105

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR