Home Politik Tiga Pasang Capres-Cawapres dan 18 Parpol Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Tiga Pasang Capres-Cawapres dan 18 Parpol Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com - Tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) berserta dengan 18 partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendeklarasikan pernyataan kampanye damai.

Deklarasi disampaikan dalam acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 yang digelar di halaman Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Pernyataan deklarasi dipimpin oleh Ketua KPU, Hasyim Asy'ari. Hasyim membacakan pernyataan deklarasi kemudian diikuti para capres-cawapres serta perwakilan 18 partai politik peserta Pemilu 2024.

Setelah membacakan deklarasi kampanye pemilu damai, para peserta pemilu diminta menandatangani deklarasi yang sudah disiapkan di atas panggung.

Berikut poin-poin naskah deklarasi yang dibacakan Ketua KPU:

1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan juga adil.

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang.

3. Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi ini dihadiri oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung RI ST. Burhanuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie serta, Ketua Bawaslu Rahmad Bagja dan Ketua DKPP Heddy Lugito.

Hadir pula Capres dan Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urur 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, serta pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Diketahui, ketiga pasangan capres-cawapres juga hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gakkumdu yang diadakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin pagi.

Ketiga pasangan calon bersama 18 parpol peserta pemilu telah menandatangani komitmen deklarasi pemilu damai yang digelar oleh Bawaslu.

Sebelum penandatanganan berlangsung, setiap perwakilan parpol membacakan empat kesepakatan terkait kampanye damai.

22