Home Regional Menerawang Dinamika Pemilu 2024 Melalui Pameran Seni

Menerawang Dinamika Pemilu 2024 Melalui Pameran Seni

Pati, Gatra.com - Perguruan Islam Khoiriyah, Desa Waturoyo, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memiliki cara yang unik dalam merespons dinamika menjelang Pemilu 2024. Cara unik itu dengan menghelat pameran seni rupa untuk siswa.

Ketua Panitia Pameran Seni Rupa Perguruan Islam Khoiriyah, Ahmad Ma'shum, mengatakan, ajang apresiasi seni yang berlangsung pada 11-14 Desember ini, tidak hanya sebatas ruang apresiasi karya siswa. Secara khusus, ia ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024.

Respons atas Pemilu menjadikan pameran mengusung tajuk, "Mongso, Rogo, Roso" (saatnya raga kita merasakan). Tema ini dinilai, sejalan dengan pesan kebaikan dan penataan diri dalam menghadapi pesta demokrasi.

"Tema itu sarat makna. Merujuk pada fenomena saat ini menjelang Pemilu 2024 yang rentan dengan propaganda dan merusak nalar sehat, khususnya yang beredar di dunia maya," ujarnya, Selasa (12/12).

Sebanyak 85 karya seni lukis dan patung dari 72 siswa dipamerkan dalam event yang berlangsung di lantai dua lembaga pendidikan tersebut.

"Iklim informasi politik, khususnya di sosial media (Sosmed) dalam setiap momen Pemilu selalu tidak sehat. Banyak propaganda, ujaran kebencian, fitnah, hingga hoaks tersebar di jagat maya," ungkapnya.

"Karena itu, generasi muda dan masyarakat secara umum perlu bersama-sama mawas diri dan tidak mudah terseret arus informasi yang sangat terbuka. Setiap informasi di media sosial perlu diuji dengan nalar sehat dan bijaksana. Sehingga edukasi seperti ini perlu digalakkan, salah satunya melalui pameran seni seperti ini," ujarnya.

32