Home Internasional Serangan Israel di Kamp Pengungsi Al-Maghazi, 70 Orang Tewas

Serangan Israel di Kamp Pengungsi Al-Maghazi, 70 Orang Tewas

Deir Al-Balah, Gatra.com - Sedikitnya 70 orang tewas di Gaza dalam salah satu serangan paling mematikan dalam perang tersebut. 

Para pejabat kesehatan Palestina mengatakan mengutip Associated Press, Minggu (24/12). Dilaporkan juga jumlah tentara Israel yang tewas dalam pertempuran selama akhir pekan meningkat menjadi 15 orang.

Jurnalis Associated Press di dekatnya rumah sakit menyaksikan warga Palestina yang panik membawa korban tewas, termasuk seorang bayi, dan terluka setelah serangan di kamp pengungsi Maghazi di timur Deir al-Balah. 

Seorang gadis muda yang berlumuran darah tampak tertegun saat tubuhnya diperiksa apakah mengalami patah tulang.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza Ashraf al-Qidra mengatakan jumlah korban kemungkinan akan bertambah. Militer Israel belum memberikan komentar.

“Kami semua menjadi sasaran,” kata Ahmad Turokmani, yang kehilangan beberapa anggota keluarganya termasuk putri dan cucunya. 

“Lagi pula, tidak ada tempat yang aman di Gaza,” tambahnya.

Saat Malam Natal tiba, asap mengepul di wilayah yang terkepung, sementara suasana hening di Tepi Barat Betlehem, dan perayaan hari raya dibatalkan. 

Di negara tetangga Mesir, upaya tentatif berlanjut pada kesepakatan pertukaran sandera bagi warga Palestina yang ditahan oleh Israel.

Perang tersebut telah menghancurkan sebagian wilayah Gaza, menewaskan sekitar 20.400 warga Palestina dan membuat hampir seluruh penduduk wilayah tersebut yang berjumlah 2,3 juta orang mengungsi.

Meningkatnya jumlah korban tewas di kalangan pasukan Israel – 154 orang sejak serangan darat dimulai – dapat mengikis dukungan publik terhadap perang tersebut, yang dipicu ketika militan pimpinan Hamas menyerbu komunitas di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang.

Sebagian besar warga Israel masih mendukung tujuan negara tersebut untuk menghancurkan kemampuan pemerintahan dan militer Hamas serta membebaskan 129 tawanan lainnya. 

Hal ini terjadi meskipun meningkatnya tekanan internasional terhadap serangan Israel, dan melonjaknya angka kematian serta penderitaan yang belum pernah terjadi sebelumnya di kalangan warga Palestina.

Tujuan Israel Jauh dari Harapan

“Perang menuntut harga yang sangat mahal bagi kami, namun kami tidak punya pilihan selain terus berperang,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional di televisi, Presiden Israel Isaac Herzog mengimbau negaranya untuk tetap bersatu. 

“Momen ini adalah sebuah ujian. Kami tidak akan pecah atau berkedip,” ujarnya.

Ada kemarahan yang meluas terhadap pemerintahannya, yang banyak dikritik karena gagal melindungi warga sipil pada 7 Oktober dan mempromosikan kebijakan yang memungkinkan Hamas memperoleh kekuatan selama bertahun-tahun. Netanyahu menghindari tanggung jawab atas kegagalan militer dan kebijakannya.

“Seiring berjalannya waktu, masyarakat akan sulit untuk mengabaikan harga mahal yang harus dibayar, serta kecurigaan bahwa tujuan yang digembar-gemborkan masih jauh dari tercapai, dan bahwa Hamas tidak menunjukkan tanda-tanda menyerah dalam waktu dekat," tulis Amos Harel, komentator urusan militer untuk surat kabar Haaretz.

Militer Israel mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pembongkaran markas bawah tanah Hamas di Gaza utara, bagian dari operasi untuk menghancurkan jaringan terowongan yang luas dan membunuh para komandan penting, yang menurut para pemimpin Israel akan memakan waktu berbulan-bulan.

Upaya menuju negosiasi terus berlanjut. Pemimpin Jihad Islam Palestina, Ziyad al-Nakhalah, tiba di Mesir untuk melakukan pembicaraan. 

Kelompok militan tersebut, yang juga ambil bagian dalam serangan 7 Oktober itu, dan mengatakan pihaknya siap mempertimbangkan pembebasan sandera hanya setelah pertempuran berakhir. 

Pemimpin tertinggi Hamas Ismail Haniyeh melakukan perjalanan ke Kairo untuk melakukan pembicaraan beberapa hari sebelumnya.

Banyak Korban Jiwa di Gaza

Serangan Israel merupakan salah satu kampanye militer yang paling menghancurkan dalam sejarah. Lebih dari dua pertiga dari 20.000 warga Palestina yang terbunuh adalah perempuan dan anak-anak, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza, yang tidak membedakan antara warga sipil dan kombatan.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan seorang anak laki-laki berusia 13 tahun ditembak dan dibunuh dalam serangan pesawat tak berawak Israel saat berada di dalam Rumah Sakit al-Amal di Khan Younis, bagian dari Gaza yang diyakini militer Israel sebagai tempat persembunyian para pemimpin Hamas.

Serangan Israel semalam menghantam sebuah rumah di kamp pengungsi sebelah barat kota Rafah, di perbatasan Gaza dengan Mesir. Setidaknya dua pria tewas, menurut wartawan Associated Press di rumah sakit tempat jenazah tersebut diambil.

Setidaknya dua orang tewas dan enam lainnya luka-luka ketika sebuah rudal menghantam sebuah bangunan di kamp pengungsi Bureij di Gaza tengah.

Dan warga Palestina melaporkan pemboman besar-besaran dan tembakan Israel di Jabaliya, sebuah wilayah di utara Kota Gaza yang diklaim Israel telah mereka kendalikan. 

Cabang militer Hamas mengatakan para pejuangnya menembaki pasukan Israel di kamp pengungsi Jabaliya dan Jabaliya.

Israel menghadapi kecaman internasional atas jumlah korban sipil yang tewas, namun mereka menyalahkan Hamas, dengan alasan kelompok militan tersebut memanfaatkan daerah pemukiman padat dan terowongan. 

Israel telah melancarkan ribuan serangan udara sejak 7 Oktober. Israel mengatakan telah membunuh ribuan militan Hamas, tanpa memberikan bukti.

Israel juga menghadapi tuduhan menganiaya pria dan remaja Palestina yang ditahan di rumah, tempat penampungan, rumah sakit, dan tempat lain selama serangan tersebut. 

Mereka membantah tuduhan pelecehan dan mengatakan mereka yang tidak memiliki hubungan dengan militan akan segera dibebaskan.

Berbicara kepada AP dari ranjang rumah sakit di Rafah setelah pembebasannya, Khamis al-Burdainy dari Kota Gaza mengatakan pasukan Israel menahannya setelah tank dan buldoser menghancurkan sebagian rumahnya. Dia mengatakan para pria diborgol dan ditutup matanya.

“Kami tidak tidur. Kami tidak mendapatkan makanan dan air,” katanya sambil menangis dan menutupi wajahnya.

Tahanan lain yang dibebaskan, Mohammed Salem, dari lingkungan Shijaiyah di Kota Gaza, mengatakan pasukan Israel memukuli mereka. 

“Kami dipermalukan,” katanya. “Seorang tentara wanita akan datang dan memukuli seorang lelaki tua berusia 72 tahun.”

Tekanan dunia Internasional

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa telah mengeluarkan resolusi yang lebih ringan, yang menyerukan pengiriman bantuan kemanusiaan secepatnya bagi warga Palestina yang kelaparan dan putus asa, serta pembebasan semua sandera, namun tidak menyinggung gencatan senjata.

Namun masih belum jelas bagaimana dan kapan pengiriman makanan, pasokan medis dan bantuan lainnya, yang jauh di bawah rata-rata harian 500 orang sebelum perang, akan dipercepat. 

Truk masuk melalui dua penyeberangan: Rafah, dan Kerem Shalom di perbatasan dengan Israel. 

Wael Abu Omar, juru bicara Otoritas Penyeberangan Palestina, mengatakan 123 truk bantuan memasuki Gaza pada hari Minggu.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengulangi seruan PBB untuk terus menggencarkan gencatan senjata kemanusiaan. Dia menambahkan di media sosial bahwa “kehancuran sistem kesehatan Gaza adalah sebuah tragedi.

Di tengah kekhawatiran mengenai konflik regional yang lebih luas, Komando Pusat AS mengatakan sebuah kapal patroli di Laut Merah pada hari Sabtu menembak jatuh empat drone yang diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman, sementara dua rudal balistik anti-kapal Houthi ditembakkan ke jalur pelayaran internasional. 
.
Kelompok Houthi yang didukung Iran mengatakan serangan mereka ditujukan bagi kapal-kapal yang terkait dengan Israel, dalam upaya menghentikan serangan Israel di Gaza.

52