Home Nasional Rutan Bareskrim Mabes Polri Adakan Kegiatan Selama Bulan Ramadan untuk Tahanan

Rutan Bareskrim Mabes Polri Adakan Kegiatan Selama Bulan Ramadan untuk Tahanan

Jakarta, Gatra.com- Selama menjalankan ibadah puasa tahanan yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Mabes Polri melakukan berbagai kegiatan untuk mengisi kekosongan di bulan Ramadan 1445 Hijriah.

Kepala Bagian Perawatan Tahanan dan Barang Bukti (Kabag Tahti) Biro Perencanaan dan Administrasi (Rorenmin) Bareskrim Polri Kombes Pol Gatot Agus Budi Utomo mengatakan, kegiatan untuk tahanan yang beragama Islam prinsipnya sama dengan tahanan di tempat lain.

"Selain ibadah puasa, kegiatan Ramadan juga diisi dengan kegiatan tarawih berjamaah, tadarus Al-Qur'an," kata Gatot saat dikonfirmasi, Selasa (12/3).

Selanjutnya ada juga kegiatan buka puasa bersama, kultum atau ceramah dari internal maupun eksternal.

Kemudian tidak hanya itu, pada pertengahan Ramadan juga biasanya ada kegiatan Nuzulul Qur'an.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah atau awal puasa Ramadan 2024 jatuh pada Selasa (12/3). Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, penetapan awal Ramadan 2024 ini telah ditetapkan secara bersama dalam sidang isbat yang digelar Minggu (10/3).

“Sidang isbat bersepakat secara mufakat, bahwa 1 Ramadan jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024 Masehi,” ujar Yaqut dalam jumpa pers di Kemenag, Jakarta Pusat, Minggu (10/3).

23