Home Regional Angga Kurnia Nugroho, Remaja Kebumen Raih Medali Perak Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup

Angga Kurnia Nugroho, Remaja Kebumen Raih Medali Perak Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup

Kebumen, Gatra.com –‎ Prestasi gemilang berhasil ditorehkan oleh salah satu remaja asal Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Angga Kurnia Nugroho. Remaja 15 tahun itu berhasil meraih medali perak pada Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024 yang digelar di GOR Ciracas, Jalan Raya Jakarta–‎Bogor, Jakarta Timur, pada 9–‎12 Mei 2024.

Putra pasangan Darman dan Rasmi itu berhasil menorehkan prestasi di tengah ribuan peserta Kejurnas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024. Tentu, prestasi itu menjadi kebanggaan bagi keluarga, sekolah, dan warga Kebumen.

Kepada wartawan, Angga yang saat ini duduk di kelaa IX SMP Presiden, Kebumen, itu mengaku senang dengan apa yang dicapai pada Kerjunas Taekwondo Pangkostrad Cup 2024. Meski demikian, anak bungsu dari empat bersaudara itu mengaku tidak mau berpuas diri atas prestasinya.

Angga menceritakan, kejuaraan nasional tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Antara lain ada peserta dari Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Jambi, Lampung, Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Remaja kelahiran 6 Juni 2009 ini memiliki berat 63 Kg dan tnggi badab 174 Cm. Ia terjun di kelas Kyorugi Prestasi Junior Putra Under 63 kg.

"Alhamdulillah, seneng bisa dapat juara 2, dan kemarin berhasil mengalahkan lawan yang usianya jauh di atas saya. Tapi capaian ini belum membuat saya puas, saya ingin menjadi yang terbaik di tingkat nasional dan berlanjut lagi di ajang Internasional," kata Angga di rumahnya, Desa Tepakyang, Kecamatan Adimulyo, Kabupaten Kebumen, Mimggu (12/5/2024).

Diakui Angga, perjalanan hingga sampai ke final, dilewati cukup berat. Lawan yang ia hadapi rata-rata sudah duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pada babak penyisihan, Angga berhasil mengalahkan Rafa Akbar Arya Putra (Panther). Saat babak semifinal, Angga berhasil mengalahkan Davin Rasya Fadilah dari Kkub Taekwondo Pancasila dan berhasil masuk final.

Pada babak final, dirinya harus mengakui kehebatan Bayu Saputra dari Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO) Solo. Dengan hasil tersebut, Angga menempati podium kedua dan mendapatkan medali perak.

Pencapaian ini diakui sangat mengejutkan. Pasalnya, ia mengaku lama tidak berlatih. Siswa yang pernah menjabat sebagai Ketua MPK SMP Presiden (Juni–‎Agustus 2023) ini sedang fokus belajar untuk persiapan mengikuti seleksi masuk SMA Taruna Nusantara.

"Sebenarnya kaget karena saya tidak menargetkan dapat juara. Kemarin lama tidak latihan sejak Desember 2023. Dan persiapan latihan sebelum mengikuti pertandingan hanya 6 kali, karena fokus belajar untuk mengikuti seleksi tes ke SMA Taruna Nusantara," jelasnya.

Meski junior, prestasi Angga di olahraga Taekwondo cukup gemilang. Remaja yang memiliki hobi lari dan berenang ini memiliki deretan prestasi cemerlang.

Angga pernah meraih Juara 1 Try Out Kyurugi di Chadstone Mall pada 30 Juli 2023. Lalu juara di WBM International Taekwondo Championship 2023 Stadium Titiwangsa Kuala Lumpur, Malaysia 16–‎22 Agustus 2023.

Juara 1 DSS, pada Kejuaraan Taekwondo Wali Kota Cup Bekasi, 26–‎27 Agustus 2023. Juara 2 PSS dan Juara 1 DSS di Kejuaraan Nasional Taekwondo Grade C Danrem 052/WKR 2023, 27–‎29 Oktober 2023.

Juara 1 DSS, Liga Taekwondo Tingkat Provinsi DKI Jakarta, kuara 1 PSS , Juara 1 DSS di Kejuaraan Nasional Bekasi Open 2023 yang diselenggarakan Bulan November 2023 lalu. Kemudian menjadi juara 1 di Try Out Kyurugi Karawang, Mei 2024.

Sebagai atlet berprestasi, Angga tak lantas jumawa. Ia sadar ada peran pelatih, odang tua dan keluarga dalam kariernya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pelatih Sabeum Budhi, yang sudah bekerja keras membimbing dan melatih selama 11 bulan. Orang tua dan kakak-kakak saya juga selalu men-support dan mendoakan hingga Angga bisa sejauh ini," tuturnya.

Angga berjanji akan terus giat berlatih agar mampu ke jenjang berikutnya, yaitu naik sabuk hijau, sabuk hitam, dan mendapat juara di setiap Kejuaraan Taekwondo, baik di tingkat nasional atau international.

26

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR