Home Nasional Menteri Basuki dinobatkan menjadi Duta Kehormatan Asia Water Council

Menteri Basuki dinobatkan menjadi Duta Kehormatan Asia Water Council

Nusa Dua, Gatra.com - Basuki Hadimuljono menerima penobatan menjadi Duta Kehormatan Asia Water Council (AWC). Penobatan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini dilaksanakan dalam pertemuan dewan ke-20 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Minggu (19/5).

“Saya merasa terkejut dan tidak menyangka akan terpilih menjadi duta kehormatan AWC,” kata Basuki.

Sebagai informasi, Duta Kehormatan adalah individu dengan pencapaian sosial yang dapat berkontribusi pada misi dan visi AWC, khususnya dalam meningkatkan kerja sama antara anggota dan mitra-mitra AWC, menerapkan rencana pengembangan jangka menengah dan panjang, serta mengembangkan dan merevitalisasi proyek-proyek air.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki juga mengungkapkan bahwa hingga Sabtu (18/5/2024) malam, jumlah pendaftar yang ingin menghadiri World Water Forum ke-10 telah mencapai 20.121 orang. Sementara total partisipan, termasuk mereka yang mengikuti acara terkait World Water Forum ke-10, berjumlah 46 ribu orang.

Indonesia, kata Basuki, sudah mencapai kemajuan signifikan dalam pembangunan infrastruktur, yang tentunya bertujuan untuk menjamin ketersediaan air bersih dan sanitasi bagi seluruh rakyat secara berkelanjutan. Upaya ini dilakukan untuk menghadapi urbanisasi, perubahan iklim, dan populasi yang terus meningkat.

“Selama 10 tahun terakhir, Indonesia telah memulai inisiatif ambisius untuk memperluas akses terhadap air minum dan meningkatkan fasilitas sanitasi yang aman di seluruh wilayah,” katanya.

Melalui investasi yang strategis dan pendekatan inovatif, Indonesia juga berhasil memperluas dan meningkatkan akses air bersih bagi banyak komunitas.

55