Home Olahraga Jose Mourinho Merapat ke Fenerbahce, Dapat Kontrak 2 Tahun

Jose Mourinho Merapat ke Fenerbahce, Dapat Kontrak 2 Tahun

Istanbul, Gatra.com - Jose Mourinho disebut menerima tawaran dari klub asal Turki, Fenerbahce.

Mourinho sendiri menganggur sejak Januari 2024 lalu setelah dipecat oleh AS Roma. Dia dipecat karena diduga sering mendapat kartu merah saat memimpin tim dalam bertandingan.

Pengamat transfer sepak bola, Fabrizio Romano menyatakan, setelah kesepakatan lisan di pagi hari, kesepakatan disegel hingga Juni 2026. "Kontrak dua tahun untuk Special One," tulis Romano dalam akun media sosialnya.

Baca Juga: AS Roma Gulung AC Milan 5-2

Menurut Romano, Mourinho sudah bersiap menuju Turki. Adapun agennya, Jorge Mendes telah menegosiasikan berbagai kesepakatan, sebelum sang pelatih menandatangani semua dokumen formal.

Musim ini, Fenerbahce yang diarsiteki oleh Ismail Kartal mengakhiri kompetisi Liga Turki dengan berada di peringkat kedua. Adapun trofi juara diamankan oleh Galatasaray.

Mourinho sendiri telah malang melintang di sejumlah negara dalam melatim tim sepak bola. Pelatih kelahiran 26 Januari 1963 ini memulai kariernya dengan melatih Benfica pada tahun 2000.

Sempat menangani Uniao de Leiria, Mourinho akhirnya membesut Porto pada 2002. Di klub inilah, nama besar Mourinho terangkat. Dia sukses membawa Porto merebut gelar Liga Europa di musim 2002/03, juara Liga, dan juara Piala Liga.

Baca Juga: Jurgen Klopp Jadi Pelatih Liverpool dengan Persentase Kemenangan Tertinggi

Semusim berikutnya dia membawa Porto menjadi juara Liga Champions. Ini yang akhirnya membuat Chelsea tertarik membawanya ke Inggris. Dia pun langsung meraih kesuksesan bersama Chelsea dengan membawa tim ini juara Premier League.

Pada 2008 dia merapat ke Inter Milan. Di klub ini dia mempersembahkan gelar Liga Champions, Serie A, dan Coppa Italia.

Dia kemudian menjadi pelatih Madrid. Usai dari Madrid dia kembali ke Chelsea, lalu Manchester United, Tottenham Hotspur, dan terakhir bersama AS Roma.

35