Home Olahraga Jannik Sinner Tempati Peringkat 1 Tenis Dunia, Gusur Djokovic

Jannik Sinner Tempati Peringkat 1 Tenis Dunia, Gusur Djokovic

Paris, Gatra.com – Petenis Jannik Sinner akan naik ke peringkat 1 dunia ATP.

Melejitnya ranking Sinner tak lepas dari sejumlah kesuksesannya dalam tahun 2024 ini.

Sinner memulai tahun ini di peringkat 4 Dunia. Namun dengan lonjakan besar di awal tahun 2024, ditandai dengan gelar besar pertamanya di Australia Terbuka, gelar ATP Masters 1000 di Miami dan semifinal di Indian Wells dan Monte-Carlo.

Baca Juga: Italia versus Turki Berakhir Tanpa Pemenang

Pemain berusia 22 tahun ini akan menjadi pemain Italia pertama dan pemain ke-29 secara keseluruhan yang menduduki peringkat teratas tenis putra.

“Apa yang bisa saya katakan? Pertama-tama, adalah impian setiap pemain untuk menjadi peringkat 1 dunia,” kata Sinner seperti dilansir dari ATP.

Di sisi lain dia juga mendoakan Novak Djokovic agar segera pulih dari cidera yang dideritanya di Prancis Terbuka 2024. :Di sisi lain, melihat Novak pensiun di sini menurut saya mengecewakan. Saya berharap dia cepat pulih,” sebutnya.

Selama 52 minggu terakhir,  Sinner mendapatkan poin yang membantunya menjadi peringkat 1 Dunia, ia telah mencatat rekor 14-3 melawan 10 lawan peringkat teratas. 
Sembilan dari kemenangannya selama rentang waktu tersebut terjadi saat melawan pemain peringkat 1 Dunia saat ini atau sebelumnya, Djokovic (3), Carlos Alcaraz (1), dan Daniil Medvedev (5).

Baca Juga: Portugal Sikat Finlandia 4-2

Pada tanggal 1 April, Sinner naik ke peringkat 2 Dunia dan sekarang, dia akan mengambil langkah terakhir menuju puncak olahraga ini, menggantikan Djokovic, yang telah memegang peringkat 1 Dunia selama 429 pekan.

Sinner menjadi pemain kedua kelahiran tahun 2000-an yang mencapai puncak, bergabung dengan Carlos Alcaraz. Hanya enam pemain aktif yang naik ke peringkat 1 Dunia: Djokovic, Rafael Nadal, Andy Murray, Daniil Medvedev, Alcaraz dan sekarang Sinner.

Pada Prancis Terbuka 2024 ini, Sinner yang merupakan unggulan kedua telah mencapai babak semifinal. Dia akan melawan Carlos Alcaraz di babak empat besar.

115