Home Regional Masuk Bursa Pilkada, Kader Senior PDIP Akan Bangun Kota Solo Selaras dengan Pusat

Masuk Bursa Pilkada, Kader Senior PDIP Akan Bangun Kota Solo Selaras dengan Pusat

Solo, Gatra.com - Salah satu kader senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Purwono mengikuti penjaringan calon Wali Kota Solo. Ia menyatakan akan membangun Kota Solo sesuai koordinasi dengan pemerintah pusat.

Purwono berkecimpung di partai banteng sejak partai ini bernama PDI pada 1990-an. Dari 20 kandidat yang mengikuti penjaringan kepala daerah untuk Pilkada Solo, Purwono hadir di tengah bakal-bakal calon lain yang berusia di bawahnya.

Dengan gagasan "Mbangun Kota Sala, Nguwongke Sepadan",  ia menjelaskan bahwa "mbangun" diartikan sebagai bekerja dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan segala kemampuan guna melayani kepentingan semua warga. "Ini agar Kota Solo lebih maju, berbudaya, bermartabat, dan sejahtera," kata Purwono, dalam keterangan tertulis, Kamis (6/6).

Adapun "nguwongke sepadan" berarti menghargai sesama manusia dengan merangkul dan melibatkan semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama menyelesaikan masalah dan tantangan demi kemajuan kota Solo tercinta.

Dalam programnya, Purnowo juga menekankan pentingnya membangun sumber daya alam (SDM) berkualitas. Dia menyoroti perlunya penyelenggaraan pemerintahan yang berkualitas, bersifat entrepreneur, profesional, dan mengedepankan good governance serta clean government dalam pelayanan kepada masyarakat.

Dirinya berkomitmen memperbaiki mutu dan layanan pendidikan serta meningkatkan kualitas kesehatan. Apalagi hal ini sangat penting untuk menyongsong Generasi Indonesia Emas 2045. Selain itu, dia juga ingin mengembangkan ekonomi pariwisata yang berbasis budaya.

Pemberdayaan masyarakat dan penciptaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan juga menjadi programnya. Purwono juga menegaskan perlunya membuka investasi lewat peraturan dan perizinan yang tidak berbelit-belit, serta melibatkan wilayah sekitar Kota Solo.

Menariknya, jika terpilih memimpin Solo, Purwono menyatakan siap menyelaraskan pembangunan di Solo dengan pusat. ”Pemerataan dan keseimbangan pembangunan berkelanjutan serta peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur yang selaras dengan pemerintah provinsi dan pusat sangat penting,” ujarnya.

Pernyataan Purwono menjadi menarik karena jika terpilih ia akan berkoordinasi dengan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Gibran adalah Wali Kota Solo saat ini yang memiliki hubungan kurang harmonis dengan PDIP.

 

75