Home Politik Polres Kebumen Klarifikasi Pria yang Dicurigai sebagai Pengancam Jokowi

Polres Kebumen Klarifikasi Pria yang Dicurigai sebagai Pengancam Jokowi

Kebumen, Gatra.com – Dua hari terakhir, beredar viral video seorang pria yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi. Video itu diduga dibuat dalam sebuah aksi massa. Video itu kemudian beredar viral, terutama di Facebook.

Dalam video itu, pria berjaket cokelat dan bertutup kepala hitam itu setidaknya dua kali melontarkan ancaman untuk memenggal Jokowi. Belum diketahui secara pasti identitas pria pengancam ini. Tetapi, spekulasi kemudian berkembang liar.

Pria pengancam Jokowi itu lantas dikaitkan dengan sosok Dheva Prayoga (24), seorang warga Kebumen. Foto profilnya kemudian beredar di media sosial.  Dheva pun dicurigai sebagai pria  tersebut

Baca juga: Jokowi Mania Laporkan Video Ancaman terhadap Jokowi

Tak terima dikaitkan dengan pria pengancam  Jokowi itu, Dheva membuat video klarifikasi lewat akun Instagramnya, dhevasuprayoga. Dalam video berdurasi pendek itu, Dheva membuat video bantahan. Ia menyatakan bukan pria yang mengancam Jokowi tersebut.

Kasubbag Humas Polpres Kebumen, AKP Suparno, mengatakan bahwa kesimpangsiuran jati diri pria yang mengancam  jokowi itu menjadi perhatian Kepolisian Resor Kebumen. Polisi mengklarifikasi dan memeriksa Dheva secara intensif. Hasilnya, kepolisian memastikan bahwa Dheva Prayoga, warga Kebumen yang fotoya beredar luas di media sosial itu bukan  orang yang dicurigai sebagai pria pengancam Jokowi.

AKP Suparno menjelaskan, setelah dilakukan klarifikasi dan pemeriksaan intensif, polisi menyakini bahwa Dheva berada di Kebumen pada hari Jumat (10/5).  "Pada  Jumat kemarin Dheva berada di Kebumen, dan pernyataannya dikuatkan oleh beberapa orang saksi. Dia juga tidak pernah aktif dalam politik dan terakhir ke Jakarta sekitar tahun 2016,” kata Suparno kepada Gatra.com, Minggu (12/5).

Dheva yang hadir di Polres Kebumen juga menyesalkan beredarnya foto dirinya. Ia  menyampaikan  terima kasih kepada aparat kepolisian yang sigap  untuk mengklarifikasi. Dheva berharap,  kepolisian bisa segera menangkap pria yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi.

“Kami mengimbau  masyarakat untuk tidak terpancing  oleh informasi yang belum jelas kebenarannya,” ucap Suparno.

 

560