Home Gaya Hidup Ngabuburit 100 Anak dan Orang Tua Asuh Bersama Mal Ciputra

Ngabuburit 100 Anak dan Orang Tua Asuh Bersama Mal Ciputra

Jakarta, Gatra.com - Seratus anak panti asuhan dari Yayasan Akhiruz Zaman dari Bekasi asyik ngabuburit di Mal Ciputra, Jakarta pada Jumat (24/5). Mereka berkumpul dalam acara ”Berbuka Berbagi Berkah” yang merupakan program sosial Mal Ciputra di bulan Ramadan bertemakan Moments of Ramadhan, Sincerity and Hope yang berlangsung dari 22 Mei hingga 16 Juni 2019. 

Bocah-bocah dengan umur pantaran anak sekolah dasar, berbaris teratur walaupun kadang dorong-dorong sambil bercanda, menelusuri selasar toko-toko. Ada yang asyik mengobrol berkelompok, menunjuk-menunjuk barang di etalase atau sekedar menyaksikan pemandangan di dalam gedung, tapi yang jelas wajah mereka tampak menikmatinya. 

Teriakan luapan kegembiraan tak bisa terbendung, ketika mereka digiring masuk ke dalam arena bermain anak-anak, Fun World dan Fun City yang berada di lantai 4. Barisan para bocah laki-perempuan pecah terburai ke segala penjuru demi mencoba segala permainan yang ada.

Ada yang bermain berkelompok ada pula perseorangan, tapi yang pasti mereka menikmati waktu yang singkat itu. Di antara mereka ada para ”orang tua asuh” yang ikut mendampingi.

Mendekati waktu buka puasa, rombongan diarahkan ke Gallery Hotel Ciputra untuk mengikuti acara penyerahan bingkisan lebaran, kultum, dan buka puasa bersama.

Bingkisan diserahkan langsung kepada anak-anak panti asuhan dari orang tua asuh mereka atau donatur. Yang menarik adalah keragaman latar belakang, rasa kebhinekaan tunggal ika dan persatuan sangat terasa.

Beberapa orang tua asuh yang hadir adalah non muslim tapi mereka mau memberi dan meluangkan waktu untuk mengikuti acara ini. Seperti Frans Setiawan, salah seorang orang tua asuh, ”Wujud syukur kami telah diberikan begitu banyak kemudahan dan kebahagiaan, sehingga kami ingin berbagi kebahagiaan itu bersama anak-anak panti”, ujarnya.

Kebersamaan para orang tua asuh bukan hanya terlihat saat foto bersama anak asuhnya saat penyerahan bingkisan saja, tapi juga saat makan bersama seusai buka puasa, ada tatap muka, dialog dan tawa.

”Tanggung jawab sosial kami sebagai masyarakat, mereka juga wajib merasakan kebahagiaan yang sama. Berharap nanti mereka juga dapat berbuat hal yang sama ke orang lain," kata Frans.

Hilda Husna mempunyai alasan sendiri saat mengikuti acara ini, ”Selain berbagi rezeki, karena kebetulan saya pun sebagai anak yatim piatu, dan tidak ingin melihat anak-anak panti merasa sendiri apalgi di moment yang penuh berkah."

Acara ini ditawarkan untuk umum, cukup mendaftar di bagian customer service Mal Ciputra sejak tanggal 24 April. Dengan uang donasi sebesar 250.000 rupiah sebagai ”orang tua asuh” itu sudah termasuk makan bersama anak panti asuhan dan bingkisan lebarannya.

”Kami mengajak pengunjung, relasi, pemilik toko, karyawan untuk berpartisipasi dalam acara ini. Kadang mereka punya dana untuk bukber sendiri, Yuk kita buka puasa bareng sambil beramal”, penjelasan Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra.

Jongki Handianto