Home Olahraga Erna Remaja Indonesia Yang Menyabet 3 Medali Emas di ASG 2019

Erna Remaja Indonesia Yang Menyabet 3 Medali Emas di ASG 2019

Semarang, Gatra.com - Cabang olahraga atletik, Indonesia selalu melahirkan talenta muda berbakat. Khususnya atlet perempuan, nama-nama seperti Suryati, Rumini hingga generasi Emilia Nova selalu memberikan sumbangan prestasi untuk Indonesia. 
 
Pada ASEAN School Games (ASG) XI 2019  di Semarang, terdapat nama Erna Nuryanti asal Cirebon, yang menggondol tiga medali emas. Atlet muda berusia 17 tahun itu meraih medali emas di tiga nomor atletik, yaitu estafet 4 X 100 meter mixed relay, estafet 4X 100 meter girls relay dan 100 meter putri. Hal tersebut menjadi kesempatan besar buat Erna, untuk bisa maju mewakili Indonesia ke kejuaraan lebih besar.  
 
Saat ditemui oleh Gatra.com, medali emas di ASG 2019 merupakan raihan keduanya selama berkarier sebagai atlet.  "Kalau kejuaraan internasional ini yang kedua kalinya dapat medali. Dulu yang pertama di SAE Youth Atletics Championship Filipina, dapat emas. Kalau ASG kemarin di Malaysia cuma dapat perak," kata Erna di Semarang, Senin (22/7). 
 
Remaja yang baru lulus dari SMA Negeri 6 Bandung itu menyatakan keinginannya untuk  terus meraih prestasi di ajang internasional. "Setelah kejuaraan ini pengennya ke SEA Games 2019 Filipina. Kalau PON sih belum tau ya, tapi sudah lolos limit," ujarnya. 
 
Erna menceritakan, dunia atletik bukanlah cita-citanya  pada masa kecil. Namun, para gurunya yang selalu mengarahkan untuk ikut olahraga atletik. "Sebenarnya dari kecil enggak pengen jadi atlet lari. Dulu waktu Kelas 6 SD disuruh guru olahraga lomba se-kecamatan. Menang, menang, dan  akhirnya sampai ke nasional jadi atlet pelajar," ucapnya. 
 
Ia  menceritakan, kalau dirinya pernah tidak ingin kembali ke dunia atletik dan tidak melakukan latihan. "Waktu SMP berhenti latihan, 1,5 tahun enggak latihan. Karena males, saya masih kecil masih seneng main. Akhirnya masuk ke ruang BP juga," kata Erna. 
 
1202