Home Ekonomi BKP Minta Bulog Cirebon dan Indramayu Serap Gabah Petani

BKP Minta Bulog Cirebon dan Indramayu Serap Gabah Petani

Cirebon, Gatra.com - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong Badan Logistik (Bulog) meningkatkanan mendorong gabah petani dari musim panen Juli-Agustus.

"Bulog harus terus neningkatkan serapan gabah atau beras, mumpung masih ada momen panen di Juli-Agustus," kata Agung Hendriadi, Kepala BKP dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/7).

Seruan Gabah/Beras Petani (Sergab) yang digelar secara paralel di Bulog Subdivre Cirebon dan Subdivre Indramayu, Jumat (26/7).

Peningkatan Sergap, menurut Agung sangat penting karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan ada kekeringan di sebagian besar wilayah Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, sehingga akan memengaruhi hasil panen pada bulan Oktober-November.

"Untuk membantah hal tersebut, gunakanlah Bulog harus optimal. Untuk itu serapan gabah juga harus ditingkatkan," kata Agung.

Merespons permintaan BKP tersebut, Bulog Subdivre Cirebon dan Indramayu, siap meningkatkan serapan. "Kami selalu siap meningkatkan serapan gabah atau beras," ujar Chrisvon Wakasubdivre Cirebon, dan Dendar, Wakasubdivre Indramayu.

Sementara itu, Gabugan Kelompok Tani (Gapoktan) sebagai Mitra Bulog yang hadir dalam rakor tersebut, mengungkapkan kesiapannya untuk terus mendukung pasokan.

"Potensi panen di Subdivre Cirebon masih cukup tinggi, namun ruang kendalanya gudang Bulog yang sudah mulai penuh," ujar Jumair, ketua paguyuban mitra Bulog Cirebon.

Optimalisasi serapan gabah atau beras dapat dilakukan dengan mengoptimalkan ruang gudang dan melakukan memindahkan regional ke gudang subdivre lain atau memindahkan nasional ke divre lain.

"Gabah atau beras di gudang subdivre yang sudah penuh tetapi masih memiliki potensi panen, dapat disetujui untuk dipindahkan ke gudang subdivre atau divre lain yang masih kosong, dan sudah tidak memiliki potensi panen. Badan Ketahanan Pangan akan membantu dalam memindahkan daerah tersebut," kata Agung .

Melihat tinggi semangat mitra Bulog memasok gabah atau beras ke Bulog, khususnya di Cirebon dan Indramayu, Agung memberikan penghargaan atas pencapaian serapan sebesar 70.120 ton di subdivre Cirebon dan 23.232 ton di Subdivre Indramayu.

"Apa yang dicapai dan dipasok mitra Bulog di Cirebon dan Indramayu, ini diapresiasi dan diterima di daerah lain," kata Agung.