Home Politik Warga Kebumen Temukan Granat Peninggalan PD II

Warga Kebumen Temukan Granat Peninggalan PD II

KebumenGatra.com – Seorang warga Kedawung, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tenga, Ahmad Mahfuri (47 th), menemukan granat nanas tua di perkebunan Desa Kuwayuh, Pejagoan, Selasa petang (20/8), sekitar pukul 17.30 WIB. Granat aktif ini diduga peninggalan Perang Dunia Kedua (PD II).

Ahmad Mahfuri mengatakan, saat itu ia tengah mencari kayu bakar. Kemudian ia menemukan benda mencurigakan mirip batok kelapa yang kotor tergeletak di tanah. Setelah dibersihkan, ternyata yang ditemukannya adalah benda terbuat dari logam.

Lantaran khawatir, Mahfuri menyingkirkan benda mirip granat ini di atas polybag tanaman agar tak terinjak warga.

“Tadinya, saya kira benda itu adalah kelapa kecil kering. Selanjutnya hari ini kita laporan ke Polsek Pejagoan," katanya usai melaporkan ke Polsek Pejagon Kebumen, Rabu (21/8).

Kepala Subbagian Humas Polres Kebumen, Kompol Suparno mengatakan penemuan granat nanas itu sedang ditangani oleh personel Polsek Pejagoan dan Indonesia Automated finger Print Indentification System (Inafis) Polres Kebumen.

Selanjutnya, kepolisian Kebumen berkoordinasi Brimob Polda Jateng. Benda yang ditemukan oleh Mahfuri adalah sebuah granat nanas aktif. Diperkirakan granat ini merupakan sisa PD II.

"Masih ditangani dan telah dilakukan olah TKP. Kita juga berkoordinasi dengan Brimob untuk langkah selanjutnya,” ucap Suparno.

Meski sudah karatan, kemungkinan granat nanas tersebut masih aktif dan berbahaya. Karenanya, kepolisian berencana memusnahkan granat nanas tersebut.

“Akan dimusnahkan. Karena berbahaya,” ujarnya. 

147