Home Internasional Film Bosnia Menangkan Penghargaan Festival Film Sarajevo

Film Bosnia Menangkan Penghargaan Festival Film Sarajevo

Sarajevo, Gatra.com - Sebuah film Belanda menceritakan tentang seorang gadis yang meninggalkan Belanda dan kembali ke kampung halamannya di Bosnia untuk mengunjungi ayah yang sakit, dan belum pernah ditemui, terpilih sebagai film terbaik dalam Festival Film Sarajevo (SFF), di perayaan ke-25, pada hari Kamis (22/8).

Dikutip reuters, juri yang diketuai pembuat film Swedia, Ruben Ostlund, yang filmnya "The Square" memenangkan Cannes 'Palme d'Or pada tahun 2017, dianugerahi "Take Me Somewhere Nice" oleh sutradara Bosnia Ena Sendijarevic, dengan penghargaan Heart of Sarajevo senilai 16.000 ($17.736).

Film ini dipilih dari sembilan calon yang bersaing menerima penghargaan tertinggi tahun ini. 

Ostlund menyebut hasil tersebut sebagai sesuatu yang indah dan surealis. 

Secara keseluruhan, dari 53 film lainnya yang ikut berkompetisi, tahapan dibagi dalam empat bagian berbeda selama seminggu berlangsungnya festival, dengan memfokuskan mengenai persoalan di Eropa Tenggara.

Adapun Georgia Levan Galbakhiani, dinobatkan sebagai aktor terbaik dalam perannya di film "And Then We Danced", sementara artis Bulgaria, Irini Jambonas memenangkan aktris terbaik di film "Rounds".

Bintang Hollywood Tim Roth dan aktris Prancis Isabelle Huppert juga menerima penghargaan kehormatan.

Festival ini digelar setiap tahunnya, sejak 1995, menjelang akhir perang Bosnia 1992-1995 di Sarajevo sebagai sikap perlawanan. Tema-tema SFF sengaja dibuat berbeda untuk mengenang masa lalu, yang saat ini juga masih menjadi beban masyarakat wilayah Balkan Barat.

229

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR