Home Ekonomi Jakarta Blackout, Penumpang MRT Turun 13%

Jakarta Blackout, Penumpang MRT Turun 13%

Jakarta, Gatra.com - Pemadaman listrik massal (blackout) pada 4 Agustus lalu menyebabkan penurunan jumlah penumpang secara signifikan. Penurunan penumpang terjadi sebanyak 13%. 

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar memaparkan jumlah penumpang MRT pada bulan Agustus sekitar 2,08 juta dengan rata-rata per hari s80.018 penumpang. Sementara, bulan sebelumnya pengguna MRT mencapai 2,88 juta atau rata-rata perhari 93,165 penumpang. 

"Seperti yang teman-teman ketahui bahwa dampak dari pemadam listrik waktu itu berdampak dan memang bulan ini ada penurunan jumlah penumpang 13%," ujarnya kepada awak media di Hotel Grand Whiz, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (28/8). 

Dampak pemadaman listrik yang dilakukan PLN mengakibatkan terganggunya operasional MRT selama empat hari. Selain itu, lanjut William, 19 jadwal keberangkatan dibatalkan oleh pihak MRT pada waktu itu. 

"Normal kembali pada hari Jumat dan sudah hampir 100 ribu penumpang," tuturnya. 

Belajar dari peristiwa itu, MRT Jakarta telah melakukan koordinasi dan komitmen dengan pihak PLN agar tidak terjadi hal serupa jika terjadi pemadaman listrik massal seperti waktu itu.

PLN telah menyatakan komitmennya untuk membangun subsistem ketiga yang menjadi cadangan listrik untuk kegiatan operasional MRT Jakarta. 

 

111